Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisatawan Jakarta, Anda Dibidik Nihiwatu, Hotel Terbaik Dunia di Sumba

Kompas.com - 19/07/2016, 16:23 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hotel terbaik di dunia tahun 2016 versi majalah Travel + Leisure, Nihiwatu Resort kini membidik pasar domestik, khususnya para wisatawan dari Ibu Kota Jakarta. Pihak Nihiwatu ingin tak hanya tamu mancanegara yang hadir menikmati keindahan Pulau Sumba melainkan juga orang Indonesia, sang empunya kekayaan alam. 

"Nihi dan Nihiwatu terbangun menjadi sebuah brand yang dikenal dari Sumba. Saya ingin orang-orang Indonesia khususnya dari Jakarta tak perlu pergi ke Phuket, Singapura, atau Australia untuk merasakan pengalaman luar biasa. Mereka bisa mendapatkannya di negaranya sendiri," kata Managing Partner Nihiwatu, James McBride di acara jumpa pers 'Nihiwatu Resort, Sumba Terpilih Sebagai Hotel Terbaik Dunia,' Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (18/7/2016). 

(BACA: Nihiwatu Sumba, Inilah Hotel Terbaik di Dunia)

McBride mengatakan jika Sumba tak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah namun juga pengalaman budaya yang luar biasa.

"Anda bisa belajar budaya Indonesia dari orang-orang Sumba dan menginap di hotel nomor satu di dunia. Semua pelancong ingin berkunjung ke Indonesia dan mengunjungi kami (Nihiwatu). Kami ingin orang Jakarta menjadi basis pelanggan yang utama," kata McBride. 

Dia juga menyarankan untuk datang ke Nihiwatu pada bulan Januari sampai Maret jika ingin harga lebih murah. Sebab di bulan tersebut adalah harga low season Nihiwatu Resort. Dengan waktu menginap yang dianjurkan minimal tiga hari. "Terlalu banyak yang harus Anda lihat jika kurang dari tiga hari," ungkap McBride.

Nihiwatu Sumba Nihiwatu Sumba berhasil menyabet peringkat satu akomodasi terbaik di dunia versi situs Travel and Leisure.
Tarif permalam kamar Nihiwatu dimulai mulai dari 650 dollar AS (Rp 8,5 juta) untuk One Bedroom Villa sampai 12.000 dollar AS (Rp 157 juta) untuk Five Bedroom Estate. High season atau musim harga tertinggi adalah bulan Juli dan Agustus.  

(BACA: Berapa Gaji Staf Lokal di Hotel Terbaik Dunia, Nihiwatu Resort Sumba?)

Aktivitas yang bisa dilakukan beragam, mulai dari paket "safari spa" seharian penuh sampai eksplorasi pulau. Anda bisa trekking menuju beberapa air terjun tersembunyi, pesawahan yang indah, juga desa lokal dan desa seniman. Ada pula piknik makan siang komplet dengan jamuan kelapa segar yang baru jatuh dari pohon.

Occy's Left, begitu nama private beach yang letaknya tidak jauh dari Nihiwatu. Ini adalah surf spot ternama di kalangan peselancar profesional.  Tempat berselancar yang jauh dari hiruk pikuk Canggu, Suluban, dan pantai-pantai mainstream lainnya di Bali.

Bersama staf profesional yang terlatih, para tamu di Nihiwatu bisa memancing di laut lepas, snorkeling, juga spearfishing. Saat sunset, tamu akan diajak menikmati terbenamnya matahari dengan naik kuda di pesisir pantai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com