Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir 2016, Bandara Incheon Keluarkan 15 Robot Interaktif

Kompas.com - 23/07/2016, 20:08 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara Internasional Incheon adalah salah satu bandara terbesar dan terbaik di dunia. Akhir tahun ini, para penumpang bandara bisa mendapatkan informasi terkait fasilitas dan petunjuk arah di bandara hanya dengan bertanya kepada robot interaktif.

Bandara tersebut akan mengeluarkan 15 robot interaktif akhir tahun ini. Mengutip rilis Korea Tourism Organization kepada KompasTravel, Sabtu (23/7/2016), semua robot tersebut dapat berbicara dalam empat bahasa yakni Korea, Inggris, China, dan Jepang.

Dari total 15 robot, lima di antaranya akan melayani informasi fasilitas dan arah di bandara. Lima robot akan mengantar bagasi, sementara lima robot lainnya difungsikan untuk membersihkan lantai.

Robot-robot tersebut dilengkapi dengan autonomous function yang dapat mendeteksi lokasi yang diperlukan. Sehingga, dengan sendirinya robot-robot ini akan mengindari tabrakan dengan wisatawan.

Semua robot juga dilengkapi voice recognition dan response function yang memungkinkan mereka mengerti empat bahasa. Misal ada penumpang yang bertanya menggunakan bahasa China, maka robot tersebut secara otomatis akan menjawab dengan bahasa yang sama.

Berbagai pertanyaan dan keluhan di bandara yang dikumpulkan sejak 2001 akan dimasukkan ke dalam sistem robot tersebut. Jika ada pertanyaan selain dari data yang telah diinput, untuk sementara robot akan menjawab "tidak tahu" Kemudian, tim informasi Bandara Incheon akan menerima pertanyaan tersebut dan memberikan jawabannya.

Pertanyaan dan jawaban tersebut akan langsung disebarkan pada robot-robot lainnya agar bisa menjawab pertanyaan wisatawan semacam ini di bandara. Beberapa bandara besar di dunia pun perlahan mulai memperkenalkan robot semacam ini.

Selain 15 robot yang akan dikeluarkan akhir 2016, pihak Bandara Incheon rencananya akan mengeluarkan beberapa robot lagi untuk keperluan lainnya. Mulai dari pemeriksaan keamanan, proses check in, lounge bandara, dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com