Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mendeteksi Ulasan Palsu di Situs "Online"

Kompas.com - 27/07/2016, 07:05 WIB
Yosia Margaretta

Penulis

KOMPAS.com - Ternyata ulasan online tentang suatu produk belum tentu mencerminkan kualitas produk tersebut. Dalam dunia traveling, pengguna jasa atau produk misalnya hotel, kerap merujuk pada ulasan di dunia maya.

Hal pertama yang banyak orang lakukan sebelum membeli barang pastinya melihat perbadingan ulasan dengan toko lainnya. Seperti yang dikutip dari situs Travelandleisure.com, sebuah penelitian menyebutkan dari 1.272 produk Amazon ternyata tidak seimbang antara rating dengan kualitas. Hal ini disebabkan oleh ulasan palsu di produk-produk tersebut lewat bintang maupun komentar yang diberikan.

Lalu apa yang harus kita lakukan untuk memastikan produk tersebut benar-benar baik atau tidak? Berikut tipsnya.

Lihat ulasan lama

Setiap produk pasti memiliki 'bintang' atau rating yang diberikan pembeli atau pengguna jasa. Biasanya banyak orang yang terjebak hanya melihat besarnya rating tersebut.

Sebaiknya Anda juga melihat ulasan atau comment yang diberikan dan jangan hanya memperhatikan 1 atau 2 ulasan. Cari ulasan-ulasan lama atau baca semua ulasan. Bandingkanlah banyak komentar baik atau positif dan perhatikan kata-kata yang digunakan pada komentar baik. Terkadang ulasan-ulasan palsu memiliki karakter bahasa yang sama.

Komentar pendek

Coba perhatikan apakah rating produk atau jasa itu mencapai lima bintang dan ulasan atau komentar penggunanya semua positif namun pendek-pendek. Hal seperti ini patut dicurigai.

Cari Pendapat yang Lain

Ada baiknya Anda melakukan pengecekan di beberapa situs berbeda. Jangan cukup percaya dengan 1 sumber saja. Misalnya saja apabila Anda ingin mengunjungi suatu hotel, Anda bisa menggunakan beberapa sumber informasi. Perhatikanlah ulasan pada hotel yang sama. Apakah ulasnnya berbeda jauh? Apabila tidak, Anda menemukan produk yang tepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com