Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kesalahan yang Sering Anda Lakukan di Bandara

Kompas.com - 31/07/2016, 19:10 WIB
Yosia Margaretta

Penulis

KOMPAS.com - Saat bepergian naik pesawat, ada beberapa hal yang sering terlewat oleh wisatawan. Padahal, hal-hal tersebut cukup penting dan bisa membuat perjalanan semakin efektif.

Dikutip KompasTravel dari situs Smarter Travel, berikut 6 kesalahan yang sering dilakukan turis saat berada di bandara.

Tidak mengunduh aplikasi maskapai/bandara

Aplikasi maskapai penting untuk booking tiket, check in onlinesampai collect boarding pass. Adanya aplikasi maskapai akan menghemat waktu Anda untuk memesan tiket pesawat.

Selain maskapai, aplikasi bandara juga penting untuk diunduh. Aplikasi ini akan membantu Anda dalam mengetahui informasi terbaru yang ada di bandara. Sebelum ke bandara, Anda bisa mengecek aplikasi ini untuk mengetahui jadwal penerbangan. Mungkin saja penerbangan Anda mengalami delay atau cancel. 

Salah satu aplikasi yang berguna adalah GateGuru. Aplikasi ini punya data dari 200 bandara di dunia, termasuk fasilitas dan daftar restoran. 

Tidak check-in online

Check-in online adalah fasilitas yang disediakan di setiap penerbangan untuk memudahkan perjalanan Anda. Anda cukup melakukan check-in melalui ponsel atau gadget, kemudian memilih bangku yang diinginkan. Setelah itu Anda akan langsung mendapatkan boarding pass. Ini akan mempermudah perjalanan karena Anda tak perlu menunggu antrian check-in yang mengular.

Apabila membawa bagasi, Anda tetap bisa melakukan check-in online. Setibanya di bandara, Anda bisa langsung ke konter drop baggage. Beberapa maskapai, AirAsia misalnya, punya mesin tiket sendiri sehingga Anda bisa langsung mencetak boarding pass.

 

Tidak membawa persediaan makanan

Di bandara, Anda pasti akan menemukan restoran atau minimarket. Namun bisa dipastikan, harganya berkali-kali lipat dibanding aslinya. Oleh karena itu tak ada salahnya membawa camilan praktis namun mengenyangkan.

Bawalah camilan yang praktis seperti biskuit atau snack bar. Membawa camilan sendiri juga akan sangat menolong ketika semua restoran di bandara penuh oleh penumpang.

Tidak menyimpan aksesori

Gunakan baju senyaman mungkin ketika Anda traveling naik pesawat. Simpan dulu aksesori Anda sebelum mengantre di gerbang pemeriksaan.

Saat diperiksa, Anda akan diminta melepas semua aksesori mulai dari cincin, gelang, kalung, ikat pinggang, jam tangan, sampai jaket dan topi. Untuk menghemat waktu, alangkah baiknya Anda mengenakan semua aksesori saat sudah berada di gerbang keberangkatan.

 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com