Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Terjun Kalata, Air Terjun yang Indah di Buton...

Kompas.com - 01/08/2016, 10:14 WIB
Defriatno Neke

Penulis

BUTON, KOMPAS.com - Udara Yang sejuk dan dingin begitu terasa saat berada di sekitar Air Terjun Kalata yang berada di daerah Desa Wolowa Baru, Kecamatan Wolowa, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Suara air terjun mulai terdengar dari kejauhan.

Jalan setapak yang agak becek tak menyurutkan tekad untuk terus melangkah kaki menuju air terjun yang sudah semakin dekat. Setelah melihat air terjun tersebut, rasa capek pun langsung hilang.

Air Terjun Kalata mempunyai dua tingkat. “Air terjunnya sangat indah. Air terjunnya mempunyai dua tingkat dan membentuk seperti kolam di bagian air terjun yang pertama,” kata seorang pengunjung, Ratna Yunita Jamuna, Sabtu (30/7/2016).

Ratna yang baru pertama kali mendatangi Air Terjun Kalata ini begitu takjub dengan pesona alamnya yang indah. Air yang bening dan terasa dingin begitu menyatu dengan bebatuan alam yang berbentuk tingkatan.

“Batu-batu sangat bagus tersusun rapi seperti buatan tangan, padahal susunan batu itu sudah terbentuk secara alami. Airnya juga bening dan dingin, tapi yang bagus di bagian bawah ada air terjunnya banyak yang selfie di situ,” ujarnya.

Pada air terjun kedua, mempunyai tingkatan agak tinggi dibandingkan air terjun di tingkatan yang pertama. Selain itu di bagian air terjun kedua mempunyai sisi tebing yang curam dan airnya agak deras dan alirannya semakin mengecil mengalir ke bawah.

KOMPAS.com/DEFRIATNO NEKE Air Terjun Kalata yang berada di Desa Wolowa Baru, Kecamatan Wolowa, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara merupakan daerah wisata yang diandalkan pemerintah daerah setempat. Air terjun ini menjadi daerah wisata favorit bagi warga.
Menurut seorang warga sekitar, La Narto (38), Air Terjun Kalata ini sangat indah di saat musim panas yang pada bulan Juni, Juli Agustus dan September. Karena di bulan tersebut, air akan terlihat jernih dan tidak kotor oleh hujan.

“Air terjun ini sudah mulai banyak dikunjungi orang. Hanya untuk parkir kendaraan masih jauh karena belum ada akses jalan mendekat ke area air terjun ini,” ucap La Narto.

Lokasi Air Terjun Kalata ini sekitar 20 kilometer dari ibu kota Kabupaten Buton dengan jarak tempuh sekitar 40 menit menggunakan kendaraan mobil. Namun akses jalan belum memadai, sehingga harus menggunakan motor sejauh 1 kilometer. Selanjutnya jalan kaki sejauh 1 kilometer. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com