Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow, 250.000 Kuntum Bunga Siap Meriahkan Festival Bunga Tomohon

Kompas.com - 08/08/2016, 05:03 WIB

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Sedikitnya 250.000 kuntum bunga akan menjadi bagian dari Festival Bunga Tomohon yang akan dihelat pada 8 Agustus 2016. Walikota Tomohon Jimmy Eman menjelaskan bunga-bunga tersebut merupakan produksi lokal petani bunga Tomohon.

Festival Bunga Tomohon atau Tomohon International Flower Festival (TIFF) telah digelar sejak tahun 2008. Kini festival yang menampilkan berbagai kreasi bunga tersebut semakin banyak dikenal.

Sajian utama TIFF adalah parade kenderaan hias dari bunga sepanjang jalan utama di Kota Tomohon. Tahun ini ada sebanyak 30 peserta yang akan berpartisipasi.

"Lima peserta dari luar negeri dipastikan ikut ambil bagian, yakni Tiongkok, Jepang, Australia, Singapura dan Sekretariat Bersama ASEAN," ujar Eman.

Selain parade kenderaan hias, TIFF juga dimeriahkan dengan sejumlah event antara lain lomba paduan suara, festival geothermal yang dipusatkan di Danau Linouw, lomba lari 10 KM, pengucapan syukur (thanks giving day), festival kuliner serta Floriculture Expo.

Gelaran TIFF ini juga diharapkan mampu memikat wisatawan mancanegara, khususnya wisatawan asal Tiongkok yang lagi gencar datang ke Sulawesi Utara.

Kota Tomohon berada di ketinggian sekitar 400-800 meter di atas permukaan laut serta memiliki luas sekitar 147,21 kilometer persegi. Letaknya yang berada di ketinggian membuat Tomohon cukup sejuk pada petang hari. Suhu Kota Tomohon memang cocok untuk tanaman hortikultura.

Tomohon juga memiliki sejumlah destinasi wisata yang layak untuk dikunjungi seperti agrowisata di Rurukan dengan beberapa spot pemandangan yang sangat bagus. Kawah gunung Mahawu dengan keanekaragaman hayatinya.

Bukit Doa juga merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi, dengan pemandangan Gunung Api Lokon yang terus aktif. Keberadaan Gunung Api Lokon tersebut justru membuat subur tanah di Tomohon. Parade Kenderaan Hias pada besok hari juga akan diisi dengan Flower Fashion Carnaval yang baru pertama kali digelar. Dua kegiatan tersebut akan start dari eks Rindam Kakaskasen. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com