Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perayaan HUT RI Dipusatkan di Danau Toba

Kompas.com - 10/08/2016, 15:28 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-71 RI tahun 2016 akan dipusatkan di Danau Toba, Sumatera Utara dengan tajuk "Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba".

Beragam acara akan berlangsung dari tanggal 20-21 Agustus 2016 seperti karnaval budaya, parade perahu hias, pertunjukan konser musik, pesona tarian kontemporer, penampilan opera Batak, dan kuliner rakyat.

"Danau Toba adalah satu dari sepuluh prioritas destinasi di Indonesia, dan satu satunya badan otorita yang sudah ditandatangani oleh presiden dan akan menjadi model untuk sembilan destinasi lainnya," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya di Jakarta, Rabu (10/8/2016).

Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba akan dikuti oleh 26 provinsi, 26 kabupaten dan kotamadya se-Sumatera Utara, serta 7 kabupaten di daerah sekitar Toba, dan 8 sub etnik. Ditargetkan 50.000 pengunjung hadir di Balige (Tobasa) dan Prapat (Simalungun). Tak lupa, Presiden Joko Widodo juga hadir dalam acara perayaan ini.

"Acara ini merupakan rangkaian dari tahun lalu. Ini sejalan dengan perintah presiden, kalau kemeriahan bukan hanya berpusat di Pulau Jawa, yang lain harus merasakan yang sama. Mengapa Danau Toba? Karena kebudayaan tertua di Indonesia dan keindahan alam yang bersaing dengan tingkat dunia," ujar Ketua panitia Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba, Premita Fifi.

KOMPAS/WISNU WIDIANTORO Anak-anak bermain di depan rumah warga di Simarmata, Sihotang, Sumatera Utara, Selasa (21/6/2016). Sisa-sisa tradisi megalitikum berupa kubur batu dan lumpang untuk menumbuk padi masih terlihat di lokasi itu.
Tahun 2015 perayaan HUT RI dipusatkan di Pontianak, Kalimantan Barat yang dimeriahkan dengan Karnaval Khatulistiwa. Dalam Karnaval Khatulistiwa, lebih dari 4.000 peserta dari 24 provinsi serta dari Malaysia dan Brunei pawai dari rumah betang, rumah khas suku Dayak, menuju Sungai Kapuas. Pawai pun dilaksanakan di Sungai Kapuas dengan 300 kapal hias.

Saat ini Danau Toba sedang bergiat memenuhi target 11,4 juta wisatawan pada tahun 2016. Berbagai acara pariwisata gencar dilakukan seperti Toba Ultra Marathon hingga International Jazz Samosir. Tercatat pada 2015 jumlah kunjungan wisatawan ke Danau Toba sebanyak 11.215.535 wisatawan atau mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2014 sebanyak 11.046.234 wisatawan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com