Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Macet, Pendaki Gunung Prau Diimbau Pilih Jalur Selain Patak Banteng

Kompas.com - 10/08/2016, 18:03 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bendahara Yayasan Konservasi Gunung Prau, Paulus Nugrahajati mengimbau pendaki mengambil rute pendakian selain Jalur Dusun Patak Banteng, Kecamatan Kejajar, Kaupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Hal itu diharapkan agar tak terjadi penumpukan pendaki di Jalur Patak Banteng saat libur 17 Agustus mendatang.

(Baca juga: Liburan 17 Agustus? Yuk Mendaki Gunung Prau)

"Pendaki bisa menentukan jalur mana yang sesuai dengan keinginan. Ada yang berat, sedang, dan ringan. Diharap tidak ada penumpukan karena antre di jalan setapak (Patak Banteng) menanjak sungguh tidak nyaman," kata Paulus saat dihubungi KompasTravel, Rabu (3/8/2016).

Ia menyarankan pendaki bisa menggunakan jalur alternatif pendakian seperti Jalur Dusun Wates di Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung; jalur Dusun Dieng Wetan di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Menurutnya jalur-jalur tersebut bisa dilewati oleh pendaki-pendaki yang baru kali pertama mendaki gunung.

(Baca juga: Mendaki Gunung Prau? Coba Lewat Jalur Baru dari Dusun Wates)

Adapun jalur-jalur pendakian resmi Gunung Prau lain yang bisa digunakan seperti jalur Dusun Wates, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung; jalur Dusun Kenjuran, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal; Jalur Dusun Kalilembu, Kabupaten Wonosobo; Jalur Dusun Dieng, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Antrean panjang pendaki biasanya terlihat mulai dari Basecamp Patak Banteng hingga puncak Gunung Prau. Hal itu terjadi karena Gunung Prau dipenuhi ribuan pendaki pada libur 17 Agustus.

(Baca juga: Mendaki Gunung Prau Saat 17 Agustus? Ini 6 Jalur Resmi...)

Selama libur 17 Agustus 2015 lalu, dari data Yayasan Konservasi Gunung Prau tercatat gunung itu dikunjungi hingga 6.000 orang. Untuk jalur Patak Banteng, Paulus menyebutkan jumlah sebanyak 3.500 orang dan sementara untuk jalur Dieng sebanyak 2.000 orang.

Gunung Prau berketinggian sekitar 2.565 meter di atas permukaan laut (mdpl). Dari puncak Gunung Prau, pendaki bisa menikmati pemandangan Gunung Sindoro dan Sumbing juga matahari yang terbit serta gumpalan awan putih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com