Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Hiu Paus Jadi Ikon Bone Bolango

Kompas.com - 11/08/2016, 14:05 WIB

GORONTALO, KOMPAS.com - Obyek wisata hiu paus di perairan Desa Botubarani, menjadi ikon Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo untuk mempromosikan sejumlah potensi dan sumber daya alam di daerah, termasuk tempat wisata lainnya.

"Pengelolaan lokasi wisata hiu paus ini harus ditata lebih baik, infrastruktur dipercantik dan dilengkapi mulai dari toilet yang memadai hingga infrastruktur lain penunjang pariwisata di Bone Bolango, karena sudah banyak diketahui publik," kata Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Kamis (11/8/2016).

Fenomena banyaknya ikan hiu paus di perairan Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, merupakan berkah bagi Kabupaten Bone Bolango, karena menjadi magnet tersendiri untuk wisata di daerah itu.

Namun yang lebih penting bagi Bupati Bone Bolango adalah bagaimana bisa menjaga dan melestarikan karena hiu paus fenomena yang menakjubkan.

Bahkan kunjungan Ketua HIPMI Jaya (2014-2017) Iskandarsyah Ramadhan Datau ke lokasi itu menunjukkan obyek wisata hiu paus dikenal luas.

"Dari pantauan kami, termasuk data yang ada di pemerintah kabupaten, ternyata kunjungan wisatawan mancanegara juga cukup banyak," kata Hamim Pou.

Bahkan karena sudah terkenal, menjadi "brand" nasional dan promosi gratis Gorontalo dalam setiap iklan yang ditayangkan reguler di beberapa televisi nasional.

Bupati Bone Bolango juga mengimbau warga untuk tetap menjaga keramahan di lokasi wisata hiu paus di Botubarani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com