Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NTB Targetkan 2.000 Wisatawan Hadiri Bulan Budaya Lombok Sumbawa

Kompas.com - 12/08/2016, 10:17 WIB

MATARAM, KOMPAS.com - Provinsi Nusa Tenggara Barat menargetkan sebanyak 2.000 wisatawan akan mengunjungi kegiatan Bulan Budaya Lombok-Sumbawa (BBLS) tahun 2016.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisataa NTB H Lalu Moh Faozal di Mataram, Kamis (11/8/2016), mengatakan kegiatan tahunan yang dimulai pada 18 Agustus sampai 16 September 2016 di 18 titik yang tersebar di seluruh penjuru NTB.

"Dengan berbagai macam kegiatan yang akan digelar selama sebulan penuh ini, kita berharap pergerakan wisatawan, khususnya wisnus (wisatawan nusantara) bisa mencapai angka 2.000 sampai 3.000 pengunjung," katanya.

Harapan tersebut, menurut Faozal, diperkuat dengan momentum "summer season" tahun ini, aktivitas wisatawan yang berkunjung ke NTB cukup tinggi.

Untuk itu, Faozal melihatnya sebagai kesempatan emas bagi NTB dalam pencapaian target kunjungan wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara.

KOMPAS/LASTI KURNIA Barapan Kerbau di Dusun Labuan Ala, Kecamatan Maronge, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.
"Kalau sekarang, kunjungan wisnus sudah pada angka yang positif, yakni 1,2 juta kunjungan, untuk di sisa tahun ini, kita sedang menuju angka 1,5 juta," ujarnya.

Faozal yakin dengan memanfaatkan momentum kegiatan BBLS tahun ini, seluruh pegiat pariwisata dapat mengambil peran dalam pencapaian angka kunjungan wisatawan.

Maka dari itu, pemerintah berkoordinasi dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) dan seluruh pegiat industri pariwisata, untuk mendukung kegiatan BBLS tahun ini.

"Kita pastikan kalau informasi kegiatan BBLS ini sudah masuk dalam 'planning' dari tamu-tamu yang ada di sini. Ini adalah bagian dari upaya kita untuk memperpanjang lama tinggal para wisatawan," ujarnya.

KOMPAS/SAMUEL OKTORA Dua laki-laki menampilkan atraksi budaya Presean dalam prosesi parade budaya yang merupakan rangkaian acara pembuka dalam Festival Lombok Sumbawa 2015, Minggu (4/10/2015), di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Jawa Barat. Presean merupakan salah satu seni bela diri di Pulau Lombok.
Untuk itu, kegiatan ini tersebar di 18 titik yang ada di seluruh penjuru NTB, khususnya di kawasan destinasi wisata, misalnya di kawasan wisata yang ada di Kabupaten Lombok Barat, seperti di Senggigi, Narmada, dan Suranadi.

"Lokasi kegiatannya kan tersebar, seperti di Senggigi, kita laksanakan Festival Senggigi, kemudian ada presean di Narmada, paragliding di Mantar, Sumbawa, di Tunak juga ada kegiatan Festival Tunak, dan masih banyak lagi di lokasi lainnya. Jadi wisatawan bisa langsung menyaksikannya di tempat, tanpa harus ke Mataram," kata Faozal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com