Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upacara Bendera di Gunung dan Laut Sudah Biasa, Bagaimana jika di Hutan Bakau?

Kompas.com - 15/08/2016, 05:02 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengibarkan bendera di puncak gunung atau di dasar laut pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia mungkin terdengar biasa. Namun, bagaimana jika mengibarkan bendera di area hutan bakau penuh lumpur dengan kaki telanjang?

Sebuah komunitas bernama KeMANGTEER Indonesia bersama dengan Yayasan IKAMaT, CV. KeMANGI, dan KeSEMaT mengadakan upacara pengibaran bendera di area hutan bakau Pantai Maron di Kelurahan Tugurejo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah pada 17 Agustus 2016 mendatang.

Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan pada pukul 09.30 WIB. Sekretaris Jenderal KemangTeer Indonesia, Doni Latuparisa mengatakan, kegiatan pengibaran bendera di area hutan bakau telah dilakukan sejak dua tahun terakhir.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk mengkampanyekan ke seluruh masyarakat tentang pentingnya ekosistem mangrove.

"KeMANGTEER Indonesia menginisiasi gerakan upacara di lumpur mangrove sebagai media kampanye untuk menyampaikan pesan-pesan penting tentang ekosistem mangrove. Kita mengajak masyarakat khususnya anak muda untuk turut serta dalam upacara ini. Biasa anak muda kan upacara di puncak gunung atau dasar laut (dive). Nah, kita di lumpur mangrove," jelas Doni saat dihubungi KompasTravel, Minggu (14/8/2016).

Sementara itu Ketua Penyelenggara Pengibaran Bendera di Area Hutan Bakau Pantai Maron, Ganis Riyan Efendi menuturkan, pemilihan area Pantai Maron untuk kegiatan upacara bendera merah putih karena di sana memiliki ekosistem hutan bakau. Selain itu, dengan adanya penyelenggaraan upacara bendera merah putih, panitia juga ingin memperkenalkan area Maroon Mangrove Edu Park.

"(Maroon Mangrove Edu Park) termasuk masih baru. Tahun-tahun sebelumnya pernah di Pantai Trimulyo sama Mangkang," ujar Ganis saat dihubungi KompasTravel.

Pihak penyelenggara memberikan kesempatan bagi masyarakat umum untuk ikut berpartisipasi dalam acara pengibaran bendera merah putih di area hutan bakau Pantai Maron. Jika ingin mengikuti acara cukup registrasi dengan format pendaftaran MANGROVER_NAMA LENGKAP_INSTANSI ke nomor 085740787051.

Penyelenggara tak memungut biaya jika ingin mengikuti upacara bendera di area hutan bakau Pantai Maron. Penyelenggara mengimbau untuk registrasi terlebih dahulu pada pukul 08.30 WIB.

Pantai Maron terletak di sebelah barat Semarang, di sekitar muara sungai Silandak. Pantai Maron merupakan salah satu pantai wisata yang dimiliki Kota Semarang. Maroon Mangrove Edu Park adalah salah satu ekowisata mangrove yang diinisiasi oleh PT. Phapros dan Pusdik Penerbangan Angkatan Darat. Lokasi Maroon Mangrove Edu Park berada di Pantai Maron dan bersebelahan dengan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com