Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unik, Upacara Bendera di Pulau Tabuhan Banyuwangi

Kompas.com - 18/08/2016, 10:01 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Nelayan dan para relawan mengibarkan bendera merah putih di Pulau Tabuhan, Rabu (17/8/2016) untuk memperingati HUT ke-71 Rebublik Indonesia. Pulau Tabuhan merupakan salah satu pulau tanpa penghuni yang juga destinasi wisata baru di Banyuwangi.

Para relawan yang datang berasal dari beberapa kota di wilayah Jawa Timur seperti Surabaya, Malang, Madura, Blitar, Sidoarjo. Ada juga yang berasal dari daerah di Sumatera dan Kalimantan.

Pulau Tabuhan memiliki luas 5 hektar serta menawarkan pasir putih, air yang jernih serta biodata laut yang menawan. Di pulau yang berada di utara Kota Banyuwangi tersebut juga pernah di gelar Kite Surfing bertaraf internasional.

Sukirno, koordinator acara tersebut kepada Kompas.com, menjelaskan kegiatan tersebut mengambil tema "71wa Garuda".

"Kalau dibaca Jiwa Garuda dan 71 diambil dari usia negara Indonesia," jelasnya.

Bukan hanya menggelar upacara dan mengibarkan 17 bendera sang saka merah putih, para nelayan dan relawan yang berjumlah 250 orang tersebut juga melepaskan 71 tukik ke laut lepas, bersih bersih pulau, dan membuat tranplantasi terumbu karang yang berbentuk angka 71.

"Biasanya kalau upacara 17-an nelayan hanya duduk duduk di rumah dan kami berinisiatif untuk menggelar upacara agar nelayan juga merasakan bagaimana rasanya upacara. Petugas upacara juga diambil dari para nelayan," jelasnya.

Sedangkan Pulau Tabuhan di pilih sebagai pusat kegiatan karena Indonesia adalah negara kepulauan sehingga harapannya maritim Indonesia lebih diperhatikan.

"Ini adalah cara kami para nelayan untuk memperingati 17-an. Harapan pentingnya adalah kita sama sama menjaga lingkungn laut dan pantai agar tidak rusak untuk diwariskan kepada anak cucu kita," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com