Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Lihat "Dancing Fountain" di Jateng Fair? Catat Waktu dan Tipsnya

Kompas.com - 21/08/2016, 12:07 WIB
Muhammad Irzal Adikurnia

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu wisatawan di Jateng Fair 2016 ialah pertunjukan dancing fountain. Jateng Fair 2016 selalu dikerumuni wisatawan saat dancing fountain dimulaiPertunjukan air berpadu laser dan api ini memang masih terbilang jarang di Indonesia.

“Setiap hari pertunjukannya (dancing fountain) pasti ramai dikerumuni orang, bahkan sampe naik-naik untuk ngambil foto,” ujar Stefanni, salah satu staf event yang mengurus pertunjukan dancing fountain di Jateng Fair 2016 kepada KompasTravel, Sabtu (20/8/2016).

Dancing fountain di Jateng Fair 2016 menyuguhkan tarian air berpadu permainan laser, juga semburan api dari flame tower. Air mengikuti irama musik yang berbeda-beda, antara lain Gambang Semarang, Kebyar-kebyar, hingga Gangnam Style.

BACA JUGA: Resmi Dibuka, Pesta Rakyat Jateng Fair 2016 Digelar Lebih Meriah

Semprotan air yang berada di kolam lingkaran dengan diameter sekitar lima meter tersebut mulai menari-nari saat musik diputar. Seketika lampu-lampu di taman tersebut redup dan digantikan sorotan laser yang juga ikut menari. Di tengah pertunjukan, air membentuk lapisan water screen yang disorot laser, menampilkan aneka gambar di permukaannya.

Semprotan air bercampur semburan api menutup pertunjukan. Pengunjung sontak berdecak kagum. Apalagi dancing fountain ini terbilang cukup lama, berlangsung 20 menit.

http://www.newjatengfair.com/ Peta lokasi Jateng Fair 2016 di PRPP Semarang.
Lokasi

Untuk menyaksikan dancing fountain di Jateng Fair 2016, Anda perlu menyambangi lokasi Taman Sari yang masuk dalam area PRPP Semarang. Taman tersebut terletak di bagian depan, dan masuk ke dalam area C.

“Lokasinya ramai, kalau tidak ada peta jadi bingung mencari lokasi pertunjukannya. Sayangnya petanya tidak disebar atau ditaruh di tempat strategis,” ujar Yoga, salah satu pengunjung asal Semarang kepada KompasTravel, Sabtu (20/8/2016).

Lokasi yang sangat luas dan padat wahana membuat wisatawan kerap kesulitan mencari area Taman Sari. Sampai KompasTravel berkunjung pada Sabtu (20/8/2016), denah lokasi hanya ada di pusat informasi. Oleh karena itu ada baiknya Anda memahami lokasi dancing fountain sebelum menontonnya langsung.

Waktu pertunjukan

Keindahan tarian air berpadu sorotan laser dan semburan api dari flame tower dapat Anda nikmati di jam-jam tertentu. Jateng Fair 2016 menyuguhkan tiga kali pertunjukan dancing fountain dalam sehari.

Wisatawan yang datang pada Senin-Jumat, bersiaplah di Taman Sari pukul 19.30, 21.00, dan 22.00 WIB. Sedangkan untuk akhir pekan, dancing fountain digelar hingga empat kali, dengan tambahan pukul 23.00 WIB.

Dancing fountain setiap harinya tiga kali sehari, hanya weekend jadi empat kali. Tutupnya pun lebih lama dari hari kerja, pukul 24.00 WIB," ujar Stefanni.

Tentunya, Anda harus bersiap sekitar 10 menit sebelum waktu pertunjukan agar tidak kelewatan aksi tarian air keren ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com