Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Es Krim dengan "Topping" Belalang Hadir di Jepang, Mau Coba?

Kompas.com - 22/08/2016, 16:03 WIB
Yosia Margaretta

Penulis

KOMPAS.com - Mengunjungi Jepang pada saat musim panas punya ciri khas tersendiri. Di tengah udara yang panas musim ini, Anda bisa mencicipi es krim untuk menyegarkan kerongkongan Anda.

Bukan es krim biasa yang bisa Anda temukan di Indonesia. Es krim satu ini mewakili beberapa bahan lokal di setiap daerah di Jepang. Sebutlah misalnya ayam goreng, kerang, bahkan daun emas yang diolah menjadi es krim lezat.

Namun, tahun ini ada dua rasa berbeda yang mungkin bisa Anda cicipi. Kedua rasa itu adalah wormwood dan belalang. Belalang?

Ya, Anda dapat mencicipi es krim dengan rasa vanila dengan topping belalang di atasnya. Tapi, jangan khawatir, itu bukanlah belalang hidup melainkan belalang yang telah diolah.

Belalang tersebut telah diolah seperti layaknya manisan. Belalang melalu proses direbus dalam gula bersama dengan saus kacang kedelai.

Setelah diproses menjadi manisan, belalang tersebut akan ditaruh di pucuk es krim. Seperti dikutip dari RocketNews24, rasa renyah dan asin dari belalang menyeimbangi rasa manis dari es krim tersebut.

Memang, bisa dikatakan, pusat wisata lokal Jepang selalu bereksprimen secara kreatif untuk mempromosikan bahan-bahan lokal yang dapat dijadikan es krim. Jika tahun lalu ada Bamboo Grass Dumpling Soft Serve, tahun ini Jepang menggunakan bahan seperti Japanese mugwort dan wormwood, yang keduanya adalah tumbuhan.

ROCKETNEWS24.COM Anda dapat mencicipi es krim dengan rasa vanilla dengan sajian topping belalang diatasnya. Pastinya bukanlah belalang hidup melainkan belalang yang telah diolah.

Anda dapat mencicipi es krim ini di Yukiguni Tourism Centre. Mereka membanderol untuk satu es krim seharga 350 Yen atau setara Rp 45.000. Apabila Anda menginginkan lebih banyak topping belalang, Anda harus menambah sebesar 50 Yen atau sekitar Rp 7.000.

Berani mencoba?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com