Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersiap ke Danau Toba di Parapat? Ini Panduan Transportasinya..

Kompas.com - 24/08/2016, 16:32 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

PARAPAT, KOMPAS.com – Di sisi timur Danau Toba, sebuah tempat bernama Parapat terbentang luas. Dari sisi Jalan Siborong-Borong–Parapat–Sisingamaraja, wisatawan perlu melewati jalan yang menanjak untuk mencapainya dan bisa melihat Danau Toba dari dataran yang tinggi.

Dari Parapat itulah wisatawan juga bisa menikmati udara sejuk dan sepoi-sepoi. Plus, mereka juga bisa menikmati Pulau Samosir yang "lahir" akibat letusan Gunung Api Toba ratusan ribu lalu.

Tak hanya itu. Parapat juga terbilang punya sisi sejarah kebangsaan. Siapa sangka dulu, Presiden Soekarno pernah tinggal di sana selama dua bulan sejak 1 Januari 1949.

Parapat sendiri merupakan sebuah kelurahan di tepi Danau Toba. Kawasan ini masuk dalam Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Di Parapat itu juga terdapat berbagai penginapan dan beragam toko suvenir.

Anda punya rencana berlibur ke Danau Toba di sisi Parapat? KompasTravel menyajikan informasi pilihan transportasinya.

Parapat bisa dijangkau dari dua arah, yakni dari Kota Medan maupun Kabupaten Tapanuli Utara. Jika dari Medan, wisatawan bisa berangkat dari Bandara Kualanamu dan Kabupaten Tapanuli Utara dari Bandara Silangit.

Khusus Anda yang berasal dari Jakarta, maskapai yang bisa digunakan menuju Bandara Kualanamu adalah Garuda Indonesia, Lion Air, Citilink, Batik Air, dan Sriwijaya Air. Sementara dari Jakarta menuju Silangit, Anda bisa menggunakan maskapai Sriwijaya Air dan Garuda Indonesia.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Penumpang berjalan menuju ruang tunggu Gate 8 di Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara, Selasa (23/8/2016). Bandara Kualanamu adalah satu pintu masuk wisatawan menuju Danau Toba.
Selanjutnya, dari Kota Medan Anda bisa memilih keberangkatan dengan pesawat menuju Bandara Silangit atau menggunakan bus "Sejahtera" dari Terminal Amplas. Jika menggunakan bus, Anda bisa memilih jurusan Parapat dengan jarak sekitar 175 kilometer.

Perjalanan bus tersebut akan berakhir di loket bus, tepat dekat pom bensin yang dikenal oleh masyarakat Parapat sebagai 'Pom Bensin Purba'. Dari loket bus itu perjalanan bisa dilanjutkan dengan angkutan kota dengan nama "Wisata Indah", "Parsito", dan angkutan kota lain yang tersedia mulai pukul 06.00 hingga sekitar pukul 18.00 WIB.

Namun, jika menggunakan pesawat dari Bandera Kualanamu, Anda bisa memilih maskapai penerbangan pesawat Wings Air dan Garuda Indonesia. Pesawat yang digunakan adalah pesawat berbadan kecil dengan lama perjalanan sekitar 40-50 menit.

Selanjutnya, dari Bandara Silangit Anda bisa memilih moda transportasi taksi. Di dekat kantin Bandara Silangit banyak berjejer taksi yang bisa mengantarkan Anda hingga Parapat dengan jarak perjalanan sekitar 77 kilometer.

Nah, selamat berwisata!

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com