Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Oleh-oleh Khas Tanah Suci yang Bisa Dibeli di Tanah Abang

Kompas.com - 25/08/2016, 21:10 WIB
Yosia Margaretta

Penulis

KOMPAS.com — Umat Islam yang melakukan haji atau umrah pasti ingin membawa oleh-oleh khas Tanah Suci. Ada beragam oleh-oleh khas dari Arab Saudi yang bisa dibagikan kepada keluarga dan kerabat.

Namun, bagaimana jika Anda tak sempat membeli oleh-oleh, atau mungkin bagasi Anda overweight saat penerbangan pulang?

Tak perlu khawatir, datang saja ke Tanah Abang di Jakarta Pusat. Sejak dulu, Tanah Abang juga terkenal menjual aneka oleh-oleh dari Tanah Suci. Mayoritas penjual berada di Blok A, B, dan F.

Dihimpun KompasTravel, berikut lima oleh-oleh khas Tanah Suci yang paling banyak ditemukan di Tanah Abang.

YOSIAMARGARETTA/KOMPAS.COM Anda bisa mendapatkan kurma dengan harga Rp 400.000 per 10 kilo

Kurma

Siapa yang tidak mengenal kurma. Buah khas Timur Tengah ini memang banyak dijual di pasaran. Namun, bila mencari kurma asli yang berasal dari Arab Saudi, Anda bisa menemukannya di Pasar Tanah Abang. Ada beragam jenis kurma yang dijual.

Mayoritas kurma dijual seharga Rp 350.000 per kardus dengan berat 10 kilogram. Anda bisa membagikan kurma ini kepada keluarga atau sahabat.

Di luar kurma per 10 kilogram tersebut, salah satu kios di Pasar Tanah Abang, yakni Kios Cabang Mekkah, menjual Kurma Nabi. Harga Kurma Nabi jauh lebih mahal. Satu kotak kecil Kurma Nabi dibanderol Rp 350.000. Kurma ini dikenal dengan Kurma Nabi karena konon ditanam langsung oleh Rasul di Madinah.

Air zamzam

Ini juga merupakan salah satu oleh-oleh yang selalu dibawa dari Tanah Suci. Air zamzam merupakan air suci yang mengalir di bawah tanah Mekkah. Biasanya, anggota jemaah hanya boleh membawa maksimal 5 liter air zamzam.

Di Pasar Tanah Abang, air zamzam dijual Rp 450.000 per lima liter. Biasanya, peminat air zamzam juga membeli teko berwarna emas yang digunakan untuk menuangkan air tersebut ke dalam gelas kecil.

"Itu teko biasanya buat menuangkan air zamzam. Harganya mulai Rp 100.000-an," tutur Angga, salah satu penjual oleh-oleh khas Arab Saudi.

Henna

Henna alias pacar kuku memang identik dengan Arab Saudi. Untuk perempuan, biasanya benda ini digunakan di kuku dan pergelangan tangan. Ukiran yang unik memberikan ciri khas tersendiri. Banyak pengantin Muslim di Indonesia yang menggunakannya pada saat hari pernikahan.

Henna kualitas tinggi dijual seharga Rp 50.000 per lusin. Produk yang berkualitas satu level di bawahnya dijual Rp 40.000 per lusin.

YOSIAMARGARETTA/KOMPAS.COM Lipstick ini banyak dijadikan souvenir karena warna yang dihasilkan lipstick ini akan membuat bibir Anda menjadi merah muda natural.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com