Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KBRI Malaysia Siap Promosikan Wisata Halal Indonesia

Kompas.com - 28/08/2016, 16:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Malaysia menyatakan siap mempromosikan wisata halal Indonesia di Malaysia mengingat potensi besar pasar Muslim yang bisa digarap dan dioptimalkan.

Duta Besar RI untuk Malaysia Herman Prayitno dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (27/8/2016) menjelaskan pihaknya siap mengambil bagian untuk mendistribusikan dan mempromosikan wisata halal Indonesia di Malaysia.

"Salah satu yang pernah kami lakukan yakni kami telah mempromosikan Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada April 2016 sebagai destinasi halal terbaik bagi wisatawan Malaysia," katanya.

Menurut dia, wisatawan Muslim jumlahnya terus meningkat dari waktu ke waktu. Pada 2014 tercatat pengeluaran pasar Muslim global mencapai 11 persen dari total pengeluaran wisatawan global secara keseluruhan yang mencapai 142 miliar dollar AS.

Ke depan jumlah itu diproyeksikan naik dua kali lipat pada 2020 dengan jumlah 233 miliar dollar AS atau 13 persen dari total pengeluaran global.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Perajin tenun khas Lombok di Desa Sukarara, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, NTB, Jumat (26/8/2016).
"Dari sisi nilai, dibandingkan segmen yang lain di dunia, pasar Muslim menempati posisi ketiga terbesar setelah China dan Amerika Serikat dengan 160 miliar dollar AS dan 142 miliar dollar AS," katanya.

Herman Prayitno melihat pertumbuhan signifikan jumlah wisatawan dari Timur Tengah ke Asia Tenggara terutama ke Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Singapura.

"Saya berharap pelaku industri pariwisata di Indonesia dapat berkolaborasi dengan pelaku industri wisata di Malaysia untuk memasarkan paket wisata dari dua destinasi wisata di kedua negara kepada wisatawan Muslim global," kata Herman Prayitno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com