Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bintan Optimistis Jadi Tujuan Wisata Olahraga

Kompas.com - 30/08/2016, 08:24 WIB
Kris R Mada

Penulis

BINTAN, KOMPAS.com - Pemerintah semakin optimistis menjadikan Bintan, Kepulauan Riau sebagai tujuan wisata olahraga. Kabupaten itu sudah bertahun-tahun sukses jadi tuan rumah berbagai kegiatan wisata yang dikemas sebagai acara olahraga.

Pada akhir Agustus 2016 ini, Bintan sukses menghelat Wonderful Indonesia IronMan 70.3. Lomba triatlon itu diikuti 1.200 atlet dewasa dan anak-anak dari 51 negara. Dalam lomba pada Minggu (28/8/2016) itu, triatlet Swedia Fredick Croneborg jadi kampiun.

Sebelumnya pada Mei 2016, Bintan dipadati ribuan pelancong asing yang mengikuti Bintan Triathlon 2016.

"Kementerian Pariwisata sangat mendukung kegiatan-kegiatan wisata olahraga di Bintan sebagai salah satu penarik wisatawan asing," ujar Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara Kementerian Pariwisata, Rizky Handayani.

Bintan, lanjut Rizky, sudah bertahun-tahun sukses menghelat berbagai paket wisata yang dikemas sebagai kegiatan olahraga. Setiap kegiatan, Bintan didatangi paling sedikit 2.000 pelancong asing.

KOMPAS/KRIS RAZIANTO MADA Pelancong menikmati liburan di Treasure Bay, Bintan, Kepulauan Riau. Kawasan Treasure Bay dilengkapi kolam 6,5 hektar atau terbesar di Asia Tenggara. Kolam itu dikonsep seperti pantai, sehingga berbagai olahraga dan permainan bisa leluasa dilakoni di sana.
Mereka menginap sedikitnya tiga hari di berbagai hotel di Bintan. Para pelancong itu terdiri dari peserta lomba dan pendukung mereka. Banyak pula yang mengajak keluarganya.

Semua dimungkinkan karena berbagai kegiatan olahraga di Bintan sudah dinanti setiap tahun. Bintan secara rutin menghelat lomba triatlon, lari lintas alam, dan balap sepeda jalan raya.

Hingga akhir 2016, masih ada tiga kompetisi akan dihelat di Bintan yakni turnamen golf, lari lintas alam Spartan 2016, dan lari malam dalam ajang Moon Run. “Semua menyasar penyuka wisata olahraga, terutama di Singapura,” ujar Rizky Handayani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com