Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendaki Gunung Fuji, Ini Cerita Anies Baswedan...

Kompas.com - 01/09/2016, 17:03 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gunung Fuji di Jepang ternyata meninggalkan kenangan tersendiri bagi mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan. Dengan keadaan yang dingin dan bersalju, ia pernah berhasil mencapai puncak pada tahun 1993 silam.

Gunung Fuji sendiri biasa disebut Fujiyama, adalah gunung berapi yang masih aktif berketinggian 3.776 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Fuji juga telah diakui sebagai warisan budaya oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa  (UNESCO).

Anies menceritakan, pengalamannya mendaki dilakukan ketika masih berstatus mahasiswa Sophia University, Jepang. Ia mendapatkan kesempatan kuliah Sophia University ketika menerima beasiswa JAL Scholarship.

"Waktu itu saya kuliah baru tahun ketiga, saya naik ke sana (Gunung Fuji). Pada waktu itu agak sulit, mungkin sekarang aksesnya mudah. Pada saat itu, harus naik dengan peralatan-peralatan iklim tropis," ujar Anies kepada KompasTravel setelah acara Pelantikan Anggota Baru Wanadri di Situ Lembang, Jawa Barat, Minggu lalu.

Ia menyebutkan, berangkat bersama 26 orang temannya saat mendaki Gunung Fuji. Ia mengatakan, tak membayangkan suhu di Gunung Fuji yang dingin.

"Saya berangkat ber-26, yang sampai hanya empat orang termasuk saya. Saya sampai jam 4.30 WIB," kata Anies.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2014-2016, Anies Baswedan di acara Pelantikan Anggota Baru Wanadri di Situ Lembang, Jawa Barat, Minggu (28/8/2016).

Saat berada di puncak gunung, semua seperti seperti tersihir. Dalam suasana dingin yang menusuk tulang, Anies menyebut, ia bersama tiga orang di puncak Gunung Fuji tak berbicara sepatah kata pun.

"Di sana semuanya diam, sama sekali gak ada yang bicara. Semuanya jongkok. Semua seperti gak ada semangat untuk berbicara," kenang Anies.

Begitu matahari terbit, lanjut Anies, semua berubah total. Dari atas Gunung Fuji dikenang Anies memiliki pemandangan yang tak bisa dilukiskan dengan kata-kata.

"Itu pengalaman luar biasa karena yang naik ikut mahasiswa Asia Pasifik yang berkumpul ada 26 orang dan kita sama-sama naik Gunung Fuji," ungkap Anies mengakhiri cerita pendakian Gunung Fuji.

Dalam acara pelantikan anggota baru Wanadri, Anies juga turut serta dilantik menjadi anggota Wanadri. Ia dikukuhkan menjadi anggota oleh Wanadri  dengan nomor anggota W-018-Penasehat.

Pendidikan Dasar Wanadri dimulai sejak 30 Juli hingga 29 Agustus 2016. PDW yang digelar dua tahun sekali merupakan kegiatan pendidikan sekaligus seleksi untuk menjadi anggota muda Wanadri.

Wanadri merupakan organisasi penempuh rimba dan pendaki gunung yang didirikan di Bandung pada 1964 oleh para Pandu. Wanadri juga masih aktif melakukan kegiatan ekspedisi di Indonesia maupun mancanegara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com