Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aneka Tarian Jawa Barat dan Gong Si Bolong Hadir di Hotel Santika Depok

Kompas.com - 03/09/2016, 16:12 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com - Tarian-tarian khas Jawa Barat tampil di Hotel Santika Depok, Sabtu (3/9/2016). Beragam tarian mulai dari daerah Karawang hingga Cirebon dibawakan oleh siswa dan mahasiswa dari seputaran Kota Depok.

"Tarian yang ditampilkan itu khas Jawa Barat. Daerahnya itu bebas dari Jawa Barat mana saja. Kita tampil selama 10 menit," kata Sales Executive Hotel Santika Depok, Agnes Noviyola Fath kepada KompasTravel di sela-sela acara lomba tari dalam rangka Ulang Tahun Hotel Santika Depok ke-3 di Depok, Sabtu (3/9/2016).

Adapun tari yang ditampilkan seperti tari Bajidor Kahot, Ngajerong, Topeng Cirebon, Topeng Tri Rupa, Tari Jiwa, Gandrung, Merak, dan Budak Buruan. Penari-penari berasal dari SMA 2 Depok, SMA 3 Depok, SMA Yadika, SMA Tugu Ibu 1, SMA Kharisma Depok bahkan hingga Universitas Negeri Jakarta.

Salah satu penari dari Kelompok Tari Aswara SMA Tugu Ibu 1, Depok mengatakan, kelompoknya membawakan tariam Budak Buruan. Tari Budak Buruan merupakan tari yang menceritakan tentang perkelahian, permainan, dan kebahagiaan masa kecil anak-anak.

KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Alat musik Gong Si Bolong di Hotel Santika Depok, Jawa Barat, Sabtu (3/9/2016).
"Tari ini dari Sukabumi. Kami ikut nari di sini buat nambah pengalaman. Senang juga bisa kompetisi di sini," kata siswi kelas 12 itu kepada KompasTravel.

Agnes menambahkan, acara ini juga diselenggarakan dalam rangka merayakan acara Hotel Santika Depok. Selain acara tari, Hotel Santika Depok juga menghadirkan kesenian Gong Si Bolong.

"Gong Bolong ini kan salah satu alat musik pusaka di Depok. Kita mau angkat. Kita ingin mempublikasikan sekolah dan kesenian darrah yang sudah tua. Kan banyak yang gak tau," tambah Agnes.

Hotel Santika Depok adalah satu hotel yang berlokasi di Jalan Raya Margonda Nomor 88, Depok, Jawa Barat. Hotel Santika Depok berlokasi di belakang mall perbelanjaan D-Mall.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com