Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Tonton Atraksi Budaya Khas Batak di Festival Danau Toba 2016!

Kompas.com - 10/09/2016, 16:57 WIB
Nursita Sari

Penulis

TAPANULI UTARA, KOMPAS.com - Festival Danau Toba di Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, berlangsung sejak Jumat (9/9/2016) kemarin dan akan berakhir pada Senin (12/9/2016). Pembukaan Jumat sore disemarakkan dengan parade karnaval budaya, mulai dari kain ulos yang disulap jadi pakaian parade karnaval, iring-iringan kebudayaan dari Tanah Samosir dan Karo, hingga tarian empat puak yang dipertontonkan 200 siswa-siswi SMA.

Pada Sabtu (10/9/2016) ini, festival dilanjutkan dengan perlombaan renang tingkat SMP-SMA dan lomba solu atau perahu di Pantai Hutanagodang Muara. Masyarakat yang turut menyaksikan perlombaan bersorak-sorai setiap kali kontingen mendekati garis finish. Mereka seolah tak peduli dengan teriknya matahari.

Tak hanya perlombaan, FDT 2016 akan disemarakkan berbagai atraksi budaya dari tujuh kabupaten se-Kawasan Danau Toba. Atraksi budaya akan dimulai pada Sabtu malam, sekitar pukul 19.30 WIB, di panggung utama lapangan dermaga Pelabuhan Muara. Dimulai dari atraksi budaya dari Sibolga dan dilanjutkan dengan beragam atraksi budaya tradisional dari Batubara, Dairi, Karo, dan ditutup dengan hiburan dari Dinas Pariwisata Tapanuli Utara sebagai tuan rumah.

Atraksi budaya akan kembali dilanjutkan pada Minggu (11/9/2016) mulai pukul 19.30 WIB dari Samosir, Tobasa, Padang Lawas, dan ditutup dengan hiburan dari Tapanuli Utara. Atraksi budaya yang akan dimainkan antara lain tarian tor-tor, musik tradisional, lagu pop batak, martumba, manortor dan lainnya.

Untuk datang ke FDT 2016, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau sewa dari Bandara Silangit. Jarak tempuh dari Bandara Silangit ke lokasi FDT 2016 hanya sekitar 30 menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com