Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Madiun Umbul Square Night Festival Menjadi Wahana Multiwisata

Kompas.com - 11/09/2016, 14:23 WIB
Muhlis Al Alawi

Penulis

MADIUN, KOMPAS.com - Taman Wisata Umbul di Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur dulu hanyalah taman wisata biasa yang lebih terkenal sebagai tempat esek-esek. Namun kini, Pemkab Madiun sudah menyulap aset pariwisata itu menjadi wahana multiwisata dengan julukan Madiun Umbul Square Night Festival.

Direktur Umbul Square Night Festival, R. Afri Handoko, saat ditemui, Jumat (9/9/2016) sore, mengatakan perubahan drastis wajah Taman Wisata Umbul mulai berlangsung sejak tahun 2012.

Ia menuturkan warga di Madiun, sebelumnya enggan datang ke obyek wisata milik pemerintah daerah ini karena dulu fungsinya disalahgunakan oleh pihak ketiga selaku pengelola. Saat itu wahana banyak dipakai tempat prostitusi.

Agar tak dicap sebagai tempat esek-esek, awalnya ia menutup seluruh kamar tersebut. "Kamar-kamar yang dulu disewakan untuk tempat esek-esek saya ubah menjadi kios tempat jualan makanan dan minuman," kata Afri.

Tak hanya itu, beberapa sarana wisata terus dibangun mulai dari pemandian air belerang, waterboom, wahana permainan dewasa dan anak, dan juga mini zoo.

Untuk masuk ke wahana wisata yang berjarak 18 kilometer dari Kota Madiun tiket masuknya bila siang Rp 10.000, malam Rp 5.000, dan weekend Rp 15.000.

Ia mengatakan wahana wisata ini merupakan peninggalan zaman Belanda yang namanya kini berubah menjadi Umbul Square Night Festival. Agar pengelolaannya maksimal, Pemkab Madiun telah mengajukan izin prinsip lembaga konservasi ke Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

Menurut Afri, dengan keluarnya izin prinsip lembaga konservasi, Umbul Square Night Festival berhak menambah koleksi hingga tukar menukar satwa. Jika surat izin itu keluar maka Umbul Square Night Festival akan menjadi lembaga konservasi pertama yang dikelola pemerintah kabupaten.

Selain mengajukan izin prinsip lembaga konservasi keluar, lanjut Afri, pihaknya juga membuat gebrakan dengan membuka wahana multiwisata itu hingga malam hari.

Untuk mempercantik suasana Umbul pada malam hari pengelola memasang banyak lampion di berbagai tempat hingga pepohonan di tempat wisata tersebut. Harapannya lampion warna-warni berbentuk satwa akan dipasang di sekeliling Umbul Square Night Festival akan menarik pengunjung.

Bahkan acapkali wahana itu sering dipakai untuk tempat foto pre-wedding. "Kami juga sering menggelar pertunjukan seni pada malam hari dan menyajikan aneka dagangan kuliner untuk menarik minat kunjungan warga," tambah Afri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com