Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rahasia Seputar Tongseng, Sejarah dan Tempat Makan yang Legendaris

Kompas.com - 12/09/2016, 19:05 WIB

KOMPAS.com - Pada perayaan Idul Adha seperti saat ini, daging kambing dan sapi biasa diolah menjadi beragam hidangan dengan cita rasa nusantara. Di Pulau Jawa, salah satu olahan daging kambing adalah tongseng.

Rasa manis dan gurih yang berpadu dengan daging kambing empuk serta renyahnya kol dan cabai rawit membuat orang ketagihan makan tongseng. Tongseng adalah kuliner khas nusantara yang terkenal dari daerah Jawa Tengah.

Namun tahukan Anda asal usul tongseng? Ternyata, tongseng sebenarnya terinspirasi oleh pedagang Timur Tengah berabad-abad lalu. Abad ke-18 sampai 19 memang banyak saudagar dari Timur Tengah datang berdagang di Nusantara.

Kisah selengkapnya bisa dibaca di artikel berikut: Inilah Asal Usul Masakan Tongseng.

Tongseng biasanya menggunakan daging kambing. Perlu keahlian tersendiri dalam mengolah daging kambing. Jika gagal mengolah kambing, makanan akan berbau, alot, dan merusak semua bumbu masakan lainnya.

Bicara soal kemampuan mengolah kambing sebagai sebuah masakan, bisa dibilang masyarakat Jawa Tengah jagonya. Mengapa demikian?

Kisah selengkapnya bisa dibaca di artikel berikut: Mengapa Orang Jawa Tengah Andal Mengolah Masakan Kambing?

Tongseng diyakini berasal dari Kecamatan Klego, Boyolali, Jawa Tengah dan kemudian menyebar ke seluruh pelosok nusantara. KompasTravel sempat mencicipi tiga tongseng dari tiga daerah berbeda dan tentunya memiliki rasa yang berbeda pula.

Inilah tiga tongseng legendaris dengan cita rasa istimewa: Menjajal Tiga Tongseng Legendaris Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com