Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FTKP Mengajak Masyarakat Memilih Logo Tanjung Puting

Kompas.com - 13/09/2016, 06:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanjung Puting adalah nama sebuah taman nasional yang terletak di dua kabupaten, Kotawaringin Barat dan Seruyan, di Provinsi Kalimantan Tengah.

Taman Nasional Tanjung Puting sangat identik dengan sebuah kawasan untuk pelestarian orangutan Borneo (Pongo pygmaeus) dan juga ada nama Camp Leakey, kawasan pelepasliaran orangutan tertua di sana.

Tanjung Puting merupakan hutan hujan tropis terbesar kedua di dunia disertai jalur sungai yang lebar dan berkelok-kelok.

Selama ini Tanjung Puting dikenal sebagai sebuah destinasi wisata. Maknanya tidak saja untuk kawasan taman nasional, namun juga merangkul wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat, Seruyan, hingga Lamandau untuk menjadi sebuah destinasi wisata istimewa yang layak diperhitungkan potensinya.

Pengembangan destinasi wisata Tanjung Puting, sebuah upaya bersama Kementerian Pariwisata, Swisscontact Wisata, dan FTKP (Forum Tata Kelola Pariwisata) Tanjung Puting, menjadi destinasi wisata istimewa memerlukan berbagai strategi yang tepat dan terencana.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Wisatawan di Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah.
Salah satunya adalah dibutuhkan strategi pemasaran agar pemahaman masyarakat terhadap Destinasi Tanjung Puting meningkat secara signifikan.

Untuk itu diperlukan identitas merek yang khas dan kuat dalam membedakan Tanjung Puting dari destinasi wisata lainnya.

Identitas ini secara tegas memposisikan Tanjung Puting sebagai tujuan wisata yang siap berkompetisi di kelas dunia melalui representasi visual berbagai elemen khas terkait yang dipetakan menjadi sebuah logo dan tagline.

The Ultimate Borneo adalah tagline yang memposisikan Tanjung Puting sebagai pilihan utama dari wilayah destinasi Borneo yang memberikan pengalaman unik tak terlupakan dengan orangutan di belantara Kalimantan.

“Inilah waktunya kami melompat lebih jauh. Pengembangan logo destinasi wisata Tanjung Puting adalah sebuah refleksi, peneguhan posisi sekaligus menjadi simbol cita-cita kami yang dinamis di masa depan,“ kata Ketua Badan Pelaksana Harian FTKP Tanjung Puting, Michael Ryan Juanda, dalam siaran pers kepada KompasTravel, Jumat (9/9/2016).
 

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Kapal kelotok di Tanjung Puting.
Menurut Michael, merek yang kuat diawali dari menggalang pendapat publik sehingga melahirkan rasa memiliki yang kuat.

Untuk itulah, tambah Michael, FTKP Tanjung Puting mengundang masyarakat luas berpartisipasi dalam pemilihan logo terbaik yang mewakili citra Destinasi Tanjung Puting dengan cara pemungutan suara melalui FB Vote: http://goo.gl/620eEi dan Website: http://www.visittanjungputing.com. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com