Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jejak Pelayaran Laksamana Cheng Ho Diluncurkan di Pantai Tong Aci

Kompas.com - 13/09/2016, 16:20 WIB
Heru Dahnur

Penulis

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Kisah heroik perjalanan Laksamana Cheng Ho ke Nusantara diabadikan di Pantai Tong Aci Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Peluncuran salah satu jalur samudera Cheng Ho di Pantai Tong Aci itu, sekaligus memunculkan ikon baru pariwisata bahari di Indonesia.

Saat acara peresmian, pergelaran budaya disajikan. Memperingati 600 tahun perjalanan Cheng Ho, terhitung sejak tahun 1416 sampai 2016.

Upaya menghadirkan kembali kultural Cheng Ho tersebut, dimeriahkan juga konser musik dan tari dunia yang diikuti perwakilan dari sembilan negara.

Sebuah museum yang ada di Pantai Tong Aci Sungailiat turut diresmikan guna menambah pengetahuan para wisatawan. Tak ketinggalan puluhan penyu dilepaskan untuk hidup di alam bebas.

Bupati Bangka, Tarmizi mengatakan, pengembangan destinasi wisata bernilai sejarah sejalan dengan program pelestarian budaya sekaligus memudahkan promosi.

ARSIP BIRO HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK KEMENPAR Serangkaian pertunjukan musik dan tari yang dibawakan seniman regional dan internasional tampil dalam Bangka Cultural Wave yang digelar di Pantai Tongaci Sungailiat, Kabupaten Bangka, Babel, 8-12 September 2016.
“Potensi daerah kami kembangkan melalui pariwisata. Saat ini sedang diupayakan agar masuk kawasan ekonomi khusus pariwisata Indonesia,” ujar Tarmizi, Selasa (13/9/2016).

Sebagaimana diketahui, Laksamana Cheng Ho merupakan pimpinan armada laut kekaisaran China yang pernah mendatangi Kepulauan Nusantara untuk berdiplomasi dan konon pernah singgah di Kepulauan Bangka Belitung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com