Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Kuliner Thailand Sukses di Kancah Internasional

Kompas.com - 19/09/2016, 20:10 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kuliner Thailand memiliki posisi yang kuat di kancah internasional. Hampir di seluruh kota-kota besar dunia terdapat restoran Thailand. Selain itu, beberapa kuliner Thailand juga memiliki branding yang kuat di masyarakat dunia, contohnya sup asam segar yakni Tom Yum.

Tenarnya kuliner Thailand di dunia tak lepas dari andil pemerintah Thailand sendiri.

"Ada proyek dari pemerintah Thailand untuk memberi insentif bagi orang yang membuka restoran Thailand di luar negeri," kata Indra Nugraha, Marketing Manager Tourism Authority of Thailand, saat ditemui di acara Thai Culinary Feast, The Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (14/9/2016).

Selain pemberian insentif, pemerintah Thailand juga terbilang ketat soal standarisasi rasa makanan yang akan dijual baik di dalam maupun luar negeri.

"Ini supaya rasanya sama, jadi tidak di satu restoran enak di restoran lainnya tak enak. Nantinya restoran akan dapat logo dari pemerintah Thailand setelah proses standarisasi," kata Indra.

Bagian pemerintah Thailand yang mengatur standarisasi dan kebijakan terkait kuliner Thailand menurut Indra disebut Division of Thai Export Promotion. Usaha pemerintah Thailand untuk menjaga rasa masakan tradisonal dan mengembangkan bisnis hingga terkenal di seluruh dunia cukup berhasil.

Terbukti, ada empat makanan Thailand yang termasuk dalam 50 makanan terlezat di dunia versi CNN. Empat makanan tersebut adalah Som Tam atau salad pepaya muda segar, Nam Took Mo atau babi panggang dengan perasan jeruk lemon, cabai, dan bawang. Kemudian ada Tom Yam Goong atau sup asam pedas dengan udang, dan terahkir ada Massaman Curry yang digadang rajanya kari dan jadi nomor satu diantara 50 makanan terlezat dunia versi CNN.

******

KompasTravel kembali menghadirkan kuis "Take Me Anywhere 2". Pemenang akan mendapatkan kesempatan liburan gratis yang seru ke Yogyakarta selama tiga hari dua malam.

Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone. Klik link berikut: Mau Liburan Gratis di Yogyakarta? Ikuti Kuis "Take Me Anywhere 2"

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com