Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Takut Naik Pesawat? Coba Unduh Aplikasi Ini

Kompas.com - 20/09/2016, 14:10 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Berada di dalam pesawat kemudian mengalami turbulensi adalah hal yang menyeramkan bagi sebagian penumpang. Namun, ada sebuah aplikasi yang dianggap bisa mengurangi ketakutan yang dialami jika naik pesawat.

Aplikasi bernama SkyGuru diciptakan untuk memberikan ketenangan bagi wisatawan yang merasa gelisah ketika naik pesawat. Hal itu dimungkinkan karena aplikasi tersebut bisa memberikan informasi yang sebenarnya hanya tersedia untuk pilot.

Informasi terbaru tentang rencana pendaratan dan lepas landas, rincian rute penerbangan, dan potensi cuaca penyebab turbulensi dapat dilihat oleh pengguna aplikasi SkyGuru. Lalu bagaimanakah cara kerja aplikasi tersebut?

Aplikasi ini menggunakan sensor built-in untuk membantu merencanakan jalur penerbangan dan menangkap setiap gerakan tak terduga. Aplikasi SkyGuru saat ini hanya tersedia di perangkat iOS dan akan hadir di Android pada akhir tahun 2016.

Fitur-fitur seperti kompas, accelerometer, barometer dan mikrofon juga akan membantu pengguna untuk memberikan sebuah gambaran kemungkinan turbulensi.

Pengguna SkyGuru harus memasukkan rincian penerbangan kurang dari 24 jam sebelum keberangkatan. Aplikasi tersebut kemudian akan mengunduh data tentang rencana perjalanan dan ramalan cuaca.

Aplikasi ini tak memerlukan Wi-Fi dalam pesawat, dan bisa digunakan ketika ponsel berada dalam modus penerbangan. Aplikasi ini juga akan mencocokkan informasi terbaru dengan rencana penerbangan yang diprediksi.

Facebook.com/Marc Stanley Turbulensi di pesawat American Airlines AA280 Rabu (16/12/2014).
Aplikasi ini baru diluncurkan minggu lalu dan telah memiliki ulasan yang baik. Seorang pengulas dari App Store, Anna Rempel mengatakan, SkyGuru adalah aplikasi yang harus dimiliki bagi orang-orang yang takut naik pesawat. 

"Atau bagi mereka yang tertarik bagaimana semuanya bekerja. Rasanya seperti duduk di samping pilot," ungkap Anna seperti dikutip dari The Telegraph.

Aplikasi SkyGuru dikembangkan oleh Alex Gervash, yang memiliki pengalaman terbang lebih dari 22 tahun. Ia merupakan Direktur Fearless Flying yang memberikan perhatian kepada wisatawan yang fobia penerbangan.

"Setelah lebih dari delapan tahun pengalaman dengan takut pengobatan saya sadar pentingnya bantuan informasi terbaru saat di dalam pesawat. Orang-orang membutuhkan dukungan selama turbulensi atau dengan memahami suara aneh," kata seorang pilot asal Israel kepada DailyMail.

SkyGuru tersedia untuk iOS di App Store dengan harga 16.99 Poundsterling. Versi Android akan dirilis akhir tahun ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com