Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenpar Usulkan 3 Destinasi Wisata Prioritas untuk Aceh

Kompas.com - 21/09/2016, 16:03 WIB
Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata mengusulkan tiga program prioritas pengembangan wisata di Aceh. Menteri Pariwisata Arief Yahya, mengatakan Kemenpar sudah mengusulkan tiga 3 detinasi wisata di Aceh untuk program prioritas.

Masing-masing program tersebut adalah: Aceh menjadi The World’s Best Halal Cultural Destination, Sabang menjadi The World’s Best Marine Tourism Destination, dan Danau Laut Tawar menjadi The World’s Best Adventure Destination.

SERAMBI / M ANSHAR Ikan Anemon bermain di kedalaman 10 meter di Rubiah Jetty Dive Spot, Pulau Weh, Sabang, (2/1/2016). Di lokasi taman karang seluas 500 meter persegi ini telah dibangun miniatur tugu kilometer nol bawah laut oleh Panglima Laot Iboh bersama warga setempat dan tim selam dari Scuba Weh Diving Center, Rubiah Tirta, dan Hore-Hore Dive Club (H2DC) Aceh.
“Ketiganya ini kita usulkan untuk menjadi program prioritas, tinggal Acehnya sendiri harus bisa mempersiapkan sumber daya manusia yang baik, karena ini adalah potensi pemasukan bagi daerah,” kata Arief Yahya, Selasa (20/9/2016) saat mengisi Rapat Koordinasi Pengembangan Wisata Bahari dan Infrastruktur Sabang.

Menpar menjelaskan ada beberapa hal yang menjadi perhatian dari Kementerian Pariwisata untuk mendukung pengembangan pariwisata Aceh di antaranya pengembangan SDM dengan melakukan sertifikasi Tour Guide dan Tour Planner, pelatihan operator rafting dan pengembangan program studi D IV Kepariwisataan di Politeknik Aceh.

KOMPAS.COM/DASPRIANI Y ZAMZAMI Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Gubernur Aceh Zaini Abdullah masing-masing menandatangani deklarasi Bersama Tentang Aceh sebagai Destinasi Wisata Halal Unggulan. Deklarasi ini juga ditandatangani oleh 23 bupati dan wali kota di Aceh.
Kemudian, lanjut Menpar, pengembangan masyarakat melalui edukasi sadar wisata halal pada masyarakat, kampanye sapta pesona dan sertifikasi usaha hotel serta pengembangan industri pariwisata melalui pembentukan halal centre institute, pelatihan pengelolaan kawasan wisata, cruise, industri kreatif dan diving.

Sektor pariwisata, menurut Arief, adalah penyumbang PDB, devisa dan lapangan kerja yang paling mudah dan murah serta merupakan industri yang memberikan dampak positif ke semua sektor lainnya.

*****

KompasTravel kembali menghadirkan kuis "Take Me Anywhere 2". Pemenang akan mendapatkan kesempatan liburan gratis yang seru ke Yogyakarta selama tiga hari dua malam.

Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone. Klik link berikut: Cara Mudah Dapatkan Liburan Gratis di Yogyakarta Bareng "Take Me Anywhere 2"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com