Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Dipugar, Perpustakaan Tertua di Dunia Kembali Dibuka

Kompas.com - 21/09/2016, 16:38 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com - Perpustakaan yang masuk dalam kompleks University of Al Qarawiyyin disebut-sebut sebagai yang tertua di dunia. Situs Smithsonian menyatakan, bangunan yang didirikan pada 859 Masehi itu merupakan perpustakaan tertua yang masih dibuka hingga sekarang. 

Perpustakaan itu dibangun oleh seorang wanita, Fatima Al-Fihri yang merupakan anak dari saudagar kaya Tunisia yang tinggal di Fez. Al Qarawiyyin Library, begitu nama perpustakaannya, beberapa waktu lalu sempat ditutup untuk renovasi.

Namun kini, perpustakaan yang menempati bangunan eksotis tersebut kembali dibuka untuk wisatawan. Mengutip situs Lonely Planet, Al Qarawiyyin Library memiliki koleksi buku kuno yang tak ditemui di tempat lain. Perpustakaan ini juga menyimpan Al Quran yang berasal dari abad ke-9.

IZZET KERIBAR/LONELY PLANET Perpustakaan yang masuk dalam kompleks University of Al Qarawiyyin disebut-sebut sebagai yang tertua di dunia.
Perpustakaan ini juga menyimpan naskah dan tulisan tertua milik Nabi Muhammad SAW. Perpustakaan ini menjadi kiblat bagi para pakar sejarah dari berbagai belahan dunia.

Arsitek yang melakukan proyek restorasi perpustakaan ini adalah Aziza Chaouni, seorang wanita asli Fez. Dia mengatakan, proyek ini dibuat bukan hanya untuk memerbaiki lantai atau bangunan yang rusak. Namun menjadikan perpustakaan tersebut lebih nyaman untuk didatangi. Tak hanya untuk turis, tapi juga warga lokal Maroko.

Perpustakaan tersebut kini punya ruangan khusus untuk pemeliharaan naskah-naskah kuno. Manuskrip dan naskah-naskah kuno tersebut kini dijaga lebih banyak petugas keamanan, yang memang berjaga karena kecintaan mereka terhadap sejarah.

*****

KompasTravel kembali menghadirkan kuis "Take Me Anywhere 2". Pemenang akan mendapatkan kesempatan liburan gratis yang seru ke Yogyakarta selama tiga hari dua malam.

Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone. Klik link berikut: Cara Mudah Dapatkan Liburan Gratis di Yogyakarta Bareng "Take Me Anywhere 2"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com