Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konferensi Gastronomi Digelar November Mendatang

Kompas.com - 22/09/2016, 22:38 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tourism, Gastronomy Destination and International Conference (TGDIC) siap digelar untuk pertama kalinya di Jakarta Convention Centre, 14-15 November 2016.

Acara yang membahas gastronomi dan pariwisata ini diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti dengan tujuan memberi masukan bagi dunia pariwisata dan wadah pertemuan para akademisi, pelaku wisata, dan pemerintah.

"Di Indonesia istilah gastronomi tourism memang belum dikenal tetapi menjadi keunggulan kita kalau ini dikembangkan. Gastronomi tourism tujuan utama wisata adalah kuliner dan budaya. Kita sebenarnya telah memiliki itu, makanan dengan filosofi. Ini yang belum kita garap. Kita harap dengan adanya TGDIC ada yang bisa diaplikasikan. Berharap dengan ini targetnya TGDIC merekomendasikan yang bisa dilaksanakan oleh industri atau product development," kata Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Budaya Kementerian Pariwisata, Lokot Enda di Jakarta, Kamis (22/9/2016).

Selama dua hari penyelenggaraan TGDIC akan menghadirkan pakar di bidang gastronomi dan pariwisata dari Indonesia, Thailand, Swiss, Inggris, dan Malaysia. Diprediksi ada 300 orang yang akan hadir di acara TGDIC.

SERAMBI/M ANSHAR Panitia memasak kuah beulangong (gulai daging) untuk dibagikan kepada warga pada pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Desa Lam Geulumpang, Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh, Minggu (24/2/2013). Kuah beulangong merupakan salah satu kuliner khas Aceh Besar yang biasanya dihidangkan pada pesta perkawinan dan hari-hari besar keagamaan.
"Ini adalah rangkaian dari usia kami (STP Trisakti) yang ke 47 tahun, mengingat pemerintah menjadikan pariwisata sebagai program unggulan kita harus mendukung pemerintah. Ini juga diselenggarakan agar pendidikan di Indonesia semakin maju tak tertinggal dengan negara lain," kata Vice President for Academic Affairs STP Trisakti, Dr Chondro Suryono.

Hasil dari TGDIC diharapkan adanya jurnal yang dapat dimuat di publikasi internasional, untuk semakin mengukuhkan gastronomi Indonesia di dunia internasional dan memberi masukan bagi kemajuan gastronomi di tanah air.

*****

KompasTravel kembali menghadirkan kuis "Take Me Anywhere 2". Pemenang akan mendapatkan kesempatan liburan gratis yang seru ke Yogyakarta selama tiga hari dua malam.

Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone. Klik link berikut: Catat, 6 Tips "Selfie" Saat Liburan ala "Take Me Anywhere 2"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com