Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Penting bagi Pariwisata Indonesia

Kompas.com - 26/09/2016, 21:08 WIB

MOSKWA, KOMPAS - Pasar wisata Rusia tetap penting untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia. Kementerian Pariwisata RI menargetkan mampu mendatangkan 75.000 turis Rusia ke Indonesia.

Jumlah wisatawan Rusia yang berkunjung ke Indonesia sejak Januari hingga September ini mencapai 46.000 orang. Untuk terus mendorong tingkat kunjungan wisatawan, Kementerian Pariwisata RI bersama Kedutaan Besar RI untuk Rusia mengikuti pameran promosi pariwisata terbesar Rusia, Otdykh Leisure, yang ke-22 di Moskwa. Pameran berlangsung pada 21-24 September.

Kepala Bidang Promosi Pariwisata Pasar Eropa Kementerian Pariwisata RI Maria Mayabubun optimistis peluang pasar Rusia masih baik dan penting.

”Pemerintah tak ingin kehilangan momentum dari pulihnya pasar Rusia seusai krisis. Minat mereka terhadap wisata alam dan budaya tinggi. Ini dimiliki pasar Indonesia,” kata Maria di sela-sela pameran di Moskwa, Rabu (21/9/2016), seperti dilaporkan wartawan Kompas, Ayu Sulistyowati.

Selain itu, lama tinggal wisatawan Rusia masih lama, yakni sekitar 13 hari. Ini baik untuk bisa lebih memperkenalkan Indonesia yang memiliki banyak destinasi. Belanja para wisatawan Rusia juga rata-rata 130 dollar AS per hari.

Head of the Department for Multicultural Policy Interregional Tourism Moskwa Vladimir Chernikov berharap pameran itu menjadi ajang tawar-menawar pariwisata terbaik di dunia. Ia optimistis pariwisata tetap penting dan menjadi salah satu kebutuhan masyarakat dunia.

Diperhitungkan

Menurut dia, pariwisata Moskwa masih baik, antara lain, karena menjadi bidang industri yang diperhitungkan dengan melibatkan perekonomian, industri, dan manusia. Dia berharap pameran dimanfaatkan dengan baik oleh para negara peserta.

Pameran diikuti 50 negara, seperti Thailand, India, Tunisia, Kamboja, dan Sri Lanka. Peserta berasal dari pelaku pariwisata, terutama agen dan operator di sejumlah negara.

Di anjungan Indonesia, Kementerian Pariwisata menawarkan 10 destinasi pilihan, di antaranya Bali, Yogyakarta, dan Jakarta. Sebanyak 10 hotel bintang lima di Bali juga ikut berpromosi.

Puluhan pengunjung pameran mendatangi anjungan Indonesia meminta informasi paket wisata dan penginapan terbaik. Mereka tertarik menikmati tarian, minuman kopi Sumatera, dan refleksi spa Martha Tilaar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com