Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Geraldton, Kota Kecil di Australia Barat

Kompas.com - 29/09/2016, 10:26 WIB
Nabilla Tashandra

Penulis

KOMPAS.com - Melancong ke Australia tak melulu harus ke Sidney, Melbourne, atau Perth. Ada banyak titik di negeri kangguru yang bisa dijadikan alternatif pilihan untuk berlibur atau sekadar bersantai.

Berkendara sekitar 400 kilometer ke utara dari Perth, Anda bisa menikmati udara mediteranian Kota Geraldton. Geraldton tak begitu besar. Penduduknya berkisar 30.000 jiwa. Rumah-rumah cukup berjauhan dan sunyi pada malam hari.

Bahkan di masa liburan, Geraldton kerap ditinggalkan penghuninya yang bepergian ke daerah-daerah lain.

Kota tersebut pun seperti kota mati pada malam hari. Aktivitas warga tak terlihat lagi di atas jam 7 malam. Periode akhir September disebut menjadi momentum yang tepat untuk mengunjungi Geraldton.

Kali itu saya mengunjungi Geraldton. Suhunya jelas jauh dari suhu panas Jakarta yang kerap kali mencapai 30 derajat celcius pada periode akhir September.

KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Selain bisa menikmati pemandangan pantai di Geraldton, Australia Barat, terdapat pula taman bermain anak yang terletak tak jauh dari garis pantai.
Geraldton pada malam hari di akhir September suhunya kurang dari 10 derajat celcius. Sangat menggigit bagi yang biasa tinggal di negara tropis.

Ditambah lagi, angin Geraldton pada malam hari sangat kencang. Siang hari, tak kalah menggigit.

Namun diimbangi dengan terik matahari yang menyoroti daerah dekat garis pantai tersebut. Justru, merupakan pengalaman menarik merasakan suhu dingin di pinggir pantai. Di mana biasanya ketika saya berkunjung ke daerah-daerah pantai di Indonesia, suhunya kerap kali tinggi dan membuat kita berkeringat.

Temperatur musim panas di Geraldton berkisar 32-33 derajat celcius. Sedangkan pada musim berangin, antara Oktober hingga April, temperaturnya berkisar 20 derajat celcius dengan diiringi hujan.

Banyak obyek wista yang bisa dikunjungi di Geraldton. Salah satunya pesona pantainya. Sejumlah orang mendatangi pantai di Kota Geraldton dengan sejumlah tujuan. Pengunjung bisa menikmati kite surfing, memancing atau sekadar menikmati pemandangan laut biru yang memanjakan mata.

KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Suasana pantai di Geraldton, Australia Barat, yang sepi tampak seperti private beach.
Seorang WNI yang tinggal di Geraldton, Erlin Indrayani, sempat bercerita kepada saya bahwa kota tersebut juga terkenal dengan peternakannya. Mereka juga memiliki industri peternakan madu, minyak zaitun dan lavender yang kemudian dijadikan produk kecantikan rumahan.

"Kami juga ada lavender farm. Kami membuat segala produk dari lavender. Kan ada orang-orang yang alergi dengan produk kecantikan di supermarket," tutur Erlin.

Untuk mencapai Geraldton, bisa ditempuh menggunakan beberapa cara. Pertama, melalui jalur udara menggunakan pesawat dari Perth. Opsi kedua adalah berkendara melalui jalur darat.

Jika jalur darat menjadi pilihan Anda, maka harus pula berhati-hati. Sebab, Anda akan melalui wilayah liar di mana binatang liar seperti kangguru bisa saja melintas sewaktu-waktu dan menabrak mobil yang dikendarai.

Dianjurkan untuk berkendara ke Geraldton pada siang hari. Selain karena pemandangannya yang cantik dan bisa melihat laut secara langsung, perjalanan menuju Geraldton juga minim penerangan di malam hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com