Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelesir ke Inggris? Ini Tips Penting Aplikasi Visa Inggris

Kompas.com - 09/10/2016, 22:05 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi banyak turis Indonesia, Inggris adalah salah satu negara idaman. Selain London, beberapa kota seperti Manchester dan Liverpool juga digandrungi banyak wisatawan.

Warga Negara Indonesia (WNI) butuh melakukan aplikasi visa ke Kedutaan Besar Inggris sebelum keberangkatan. Head of Prosperity/Economic Section British Embassy Jakarta, Joe Beeley mengatakan, proses aplikasi visa Inggris tergolong mudah.

"Sama sekali tidak sulit. Visa selesai dalam 15 hari, namun 96 persen permohonan dikabulkan," tuturnya kepada KompasTravel dalam acara Garuda Garuda Indonesia Travel Fair (GATF) 2016 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat (7/10/2016).

Visa Inggris berlaku selama enam bulan, sehingga dalam kurun waktu tersebut, Anda bebas keluar-masuk Inggris tanpa perlu aplikasi ulang.

Dari situs UK Visas & Immigration, ada beberapa tips agar pengajuan visa Anda berjalan lancar:

1. Ajukan sejak dini

Anda bisa mengajukan visa paling lambat tiga bulan sebelum tanggal keberangkatan. Masa sebelum Hari Raya Idul Fitri adalah periode tersibuk, sehingga jika ingin mengajukan visa pada libur Hari Raya, sebaiknya ajukan sedini mungkin.

2. Pilih visa yang tepat

Ada beberapa tipe visa untuk berkunjung ke Inggris. Hal ini tergantung tujuan perjalanan dan berapa lama Anda akan tinggal. Sangat penting untuk Anda memilih tipe visa yang tepat, serta mengerti apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dengan masing-masing tipe visa.

3. Periksa dokumen yang dibutuhkan

Aplikasi visa Inggris mengharuskan Anda menyediakan dokumen pelengkap, yang dapat bervariasi tergantung tipe visa yang diajukan. Usai mengetahui tipe visa, Anda bisa mengecek dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk aplikasi di situs www.gov.uk/government/publications/visitor-visa-guide-to-supporting-documents.

Pastikan Anda telah menyiapkan semua dokumen saat Anda mengajukan visa. Tak perlu terburu-buru, agar semua dokumen dan informasi bisa dikumpulkan secara lengkap.

4. Membayar biaya pembuatan visa

Biaya visa bervariasi, tergantung tipe dan masa berlaku visa. Saat mengajukanya, pastikan Anda memiliki dana yang cukup untuk biaya visa dan tanggungan Anda. Biasanya biaya tanggungan jumlahnya sama dengan pemohon utama. Biaya pembuatan visa bisa dilihat di www.gov.uk.visa-fees.

5. Pilih prioritas jika butuh visa dalam waktu cepat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com