Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koki Indonesia Bergerilya di Luar Negeri Kenalkan Kuliner Nusantara

Kompas.com - 14/10/2016, 14:09 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia begitu kaya akan kuliner nusantara, tapi sayang kuliner tanah air tak banyak diketahui bangsa lain. Untuk itu, para koki asli Indonesia yang bekerja di luar negeri memperjuangkan agar masakan khas Indonesia ini dapat dikenal masyarakat dunia. 

"Teman-teman di Indonesia Chef Association (ICA) yang bekerja di luar negeri saat ini sedang bergerilya memperkenalkan masakan Indonesia. Mereka yang bekerja di luar negeri menjadi executive chef, menyelipkan masakan Indonesia di menu agar masakan Indonesia bisa dikenal di negara tempatnya bekerja," kata Presiden ICA, Henry Alexie Bloem saat ditemui dalam jumpa pers Indonesia GastroFest 2017, di Restoran Kembang Goela, Rabu (12/10/2016).

Henry juga memberi saran pada rekannya sesama chef untuk memberikan rasa masakan Indonesia seautentik mungkin bagi para penikmatnya, tanpa perlu pandang bulu apakah orang lokal atau orang asing.  

"Saya contohkan Thailand, mereka tidak pernah mengubah rasa masakannya. Kita tidak pernah komplain kan? Kenapa kita harus mengubah rasa masakan kita? Harusnya kita bangga dengan apa yang kita punya. Rasanya begitu ya begitu, kalau mau bermain dengan tren penampilan makanan yang mewah, silakan, tapi rasa jangan diubah," kata Henry.

Untuk itu Henry mendorong masyarakat Indonesia, tak hanya para koki untuk bangga dengan masakan Indonesia dimulai dari meja makan keluarga.

"Apakah kita sudah mengenalkan masakan nusantara ke anak-anak kita? atau justru kita malah membawa mereka ke restoran fast food? Kita introspeksi diri sendiri dulu saja. Mencintai masakan Indonesia dimulai dari diri sendiri," kata koki berdarah Bali ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com