Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wonderful Indonesia Berlangsung Meriah di Los Angeles

Kompas.com - 17/10/2016, 18:10 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Gedung California Education Performing Arts Center di kawasan Ontario, California, Amerika Serikat mendadak beraroma nusantara.

Sekitar 1.500-an masyarakat Indonesia yang bermukim di Los Angeles (LA), Minggu (16/10/2016), tumpah ruah sejak siang pukul 12.00 hingga pukul 21.00. Panitia Malam Gembira menggelar bazar dan panggung hiburan bertajuk "Wonderful Indonesia dari Rakyat untuk Rakyat".

Syahrul Malik Ondonk asli Jeneponto, Sulsel yang hadir dalam acara tersebut sungguh merasa gembira. Laki-laki yang sudah bermukim sekitar 25 tahun di LA tersebut dan belum sekalipun kembali ke Jakarta sejak merantau, merasa kerinduannya akan suasana Indonesia terobati.

Bagaimana tidak, acara bazar tersebut menyediakan bakso, sate kambing, gudeg, nasi padang, ikan bakar yang cita rasanya sangat meleleh di lidah orang Indonesia. Harganya berkisar 6 sampai 12 dollar AS dengan porsi super mengenyangkan.

Egan Darry, 15 tahun kelahiran Los Angeles, putra pasangan ayah Sulsel dan  ibu Betawi juga berbahagia bisa mengenal budaya kedua orang tuanya.

Sama dengan Ondonk, Egan pun belum pernah menginjakkan kakinya di Indonesia. Meski bahasa Indonesianya terpatah-patah, Egan tetap penikmat nasi padang dan rawon.

Menurut Satria Wicaksana, asli Surabaya yang bertindak sebagai sekretaris panitia penyelenggara mengakui bahwa masyarakat Indonesia di LA memiliki kerinduan untuk berkumpul sekadar berbagi kisah tentang tanah air.

Acara yang tidak memungut biaya tiket ini menjadi ajang yang selalu ditunggu-tunggu. "Beberapa dari kami sudah menjadi warga Amerika, namun hati dan lidah kami tetap Merah Putih," ungkap Wicaksana yang sudah tinggal di LA sekitar 30-an tahun.

KOMPAS/BUYUNG WIJAYA KUSUMA Sekitar 1.500-an masyarakat Indonesia yang bermukim di Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu (16/10/2016), tumpah ruah sejak siang hingga malam. Panitia Malam Gembira menggelar bazar dan panggung hiburan bertajuk "Wonderful Indonesia dari Rakyat untuk Rakyat". Puncak acara Malam Wonderful Indonesia makin semarak dengan penampilan prima entertainer Dorce Gamalama.
Puncak acara Malam Wonderful Indonesia makin semarak dengan penampilan prima entertainer serba bisa Dorce Gamalama.

Di awal kemunculannya Dorce mengajak semua hadirin berdiri menyanyikan lagu Indonesia Raya. Hadirin nampak khusuk dan beberapa di antaranya meneteskan air mata.

Dorce tampil tidak kurang membawakan sekitar 20-an lagu. Diselingi lawakan kocak yang mengguncang tawa para hadirin.

Di akhir acara Dorce Gamalama menutup dengan lagu "Gebyar Gebyar" ciptaan almarhum Gombloh.

Secara spontan dipandu Dorce, penonton menyumbangkan sedekah untuk dibawa ke lokasi bencana di Garut, Jawa Barat. Total dana yang terkumpul sekitar 3.000 dollar AS.

"Tolong ya ditukarkan dalam mata uang rupiah. Sepulang ke Indonesia akan saya antarkan ke saudara-saudara kita yang sedang kena musibah di Garut," kata Dorce terharu. (Buyung Wijaya Kusuma dari Los Angeles, AS)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com