Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kali Wisata ke Yogyakarta? Anda Tak Sendiri...

Kompas.com - 18/10/2016, 17:09 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Istimewa. Satu kata itu cukup mencerminkan Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta, yang memang istimewa dalam berbagai hal. Kota ini penuh sejarah, budaya, khazanah kuliner, hingga tradisi turun-temurun yang tak lekang dimakan zaman. Tak heran, Yogyakarta selalu jadi destinasi favorit banyak wisatawan.

Meski dibilang mainstream, selalu ada kali pertama bagi tiap orang. Kristian dan Bertha Manalu adalah dua orang yang baru menyambangi Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Mereka ikut serta dalam "Take Me Anywhere 2", acara yang diadakan oleh Kompas.com bekerja sama dengan OPPO. Selama tiga hari, 10 orang peserta pemenang Quiz on Article dan Photo Competition berkeliling tempat-tempat wisata di Yogyakarta. 

(Baca juga: Seperti Bertemu Keluarga Baru di Liburan ala "Take Me Anywhere 2")

"Pertama kali ke Jogja, perasaanya campur aduk. Ternyata Jogja adalah destinasi yang seru dikunjungi untuk wisata terutama alam, karena masih banyak tempat yang alami dan asri. Penduduknya juga sangat ramah," tutur Kristian, salah satu peserta "Take Me Anywhere 2" sekaligus salah satu pemenang foto terbaik selama tiga hari perjalanan.

Hari pertama, para peserta mengunjungi Kebun Buah Mangunan kemudian Hutan Pinus Mangunan untuk selfie race. Perjalanan dilanjutkan ke Parangtritis, para peserta berkesempatan mencoba sandboarding di Gumuk Pasir Barchan. 

KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Peserta Take Me Anywhere 2 selfie untuk kompetisi Selfie Run di Kebun Buah Mangunan, DI Yogyakarta, Jumat (14/10/2016).

Hari kedua, para peserta menyambangi Embung Nglanggeran di Kabupaten Gunungkidul kemudian cave tubing di Kalisuci. Para peserta juga berkesempatan mengunjungi Taman Tebing Breksi, salah satu destinasi wisata baru di Yogyakarta.

Hari terakhir, para peserta menjajal keseruan Merapi Lava Tour selama sekitar 2,5 jam kemudian mencoba cara membuat cokelat di Cokelat Tugu. Tak lupa, membeli oleh-oleh di Jendela Jogja. 

Dari semua tempat yang dikunjungi, mana yang paling disukai Kristian sebagai first timer berkunjung ke Yogyakarta?

(Baca juga: 5 Tempat "Selfie" Keren di Jogja ala "Take Me Anywhere 2")

"Cave tubing di Kalisuci pastinya. Meskipun airnya keruh karena musim hujan, tapi tetap seru dan memacu adrenalin," tambah Kristian. 

Peserta lainnya "Take Me Anywhere 2" yang baru pertama kali berkunjung ke Yogyakarta adalah Bertha Manalu.

"Pertama kali ke Jogja, langsung datang ke destinasi-destinasi antimaistream yang keren. Benar-benar seru," tutur Bertha. 

KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Para peserta 'Take Me Anywhere 2' mengikuti Merapi Lava Tour, Minggu (16/10/2016). Tema selfie race kali ini adalah 'dangerously beauty'.

Sama seperti Kristian, destinasi yang paling membekas di hati Bertha adalah Kalisuci. Ini adalah kali pertama Bertha melakukan cave tubing, cukup untuk membuatnya ingin cave tubing beberapa kali lagi.

"Berkesan banget mencoba cave tubing, walaupun pakai jatuh segala, hahaha... Satu lagi, Embung Nglanggeran. Bagus banget pemandangannya," papar Bertha.

Selalu ada kali pertama untuk segala hal. Kristian dan Bertha hanyalah segelintir wisatawan yang merasakan sendiri keistimewaan Kota Gudeg ini. Pada Yogyakarta, mereka jatuh cinta pada pandangan pertama.

Setelah kesuksesan "Take Me Anywhere" pertama yaitu edisi Bali, Kompas.com kali ini bersama OPPO menggelar "Take Me Anywhere 2". Sebanyak 10 orang pemenang kompetisi "Take Me Anywhere 2" berlibur ke Yogyakarta bersama KompasTravel selama tiga hari mulai Jumat (14/10/2016) hingga Minggu (16/10/2016).

Reservasi tiket penerbangan dilakukan melalui situs perjalanan Tiket.com.

Para pemenang menjalani beragam aktivitas wisata penuh petualangan sampai mencicipi kuliner khas Yogyakarta. Semuanya dipandu oleh biro perjalanan Jogja Geowisata.

Selain itu para pemenang juga merasakan kenyamanan menginap di Hotel Santika Premiere Jogja, salah satu properti dari jaringan hotel Santika Indonesia Hotels & Resorts.

Ikuti petualangan seru para pemenang beserta travel blogger dan instagrammer, Anggey Anggraeni (@her_journeys) di Yogyakarta. Kisah mereka tayang dalam liputan khusus: "Liburan Seru ala 'Take Me Anywhere 2'".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com