Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sagu Bakar, Camilan Teman Minum Kopi

Kompas.com - 20/10/2016, 07:03 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

WAISAI, KOMPAS.com - Sagu sudah lama dikenal sebagai makanan pokok orang Papua. Tak heran, orang Papua handal dalam mengolah makanan berbahan dasar sagu.

Tidak hanya jadi papeda, sagu juga diolah menjadi camilan manis yang nikmat disantap sembari minum kopi atau minum teh. KompasTravel mencicipi sagu bakar di Festival Lovely Raja Ampat 2016 yang diselenggarakan di Pantai WTC, Waisai, Raja Ampat, Selasa (18/10/2016).

Ada booth kuliner khas daerah setempat yang memang disajikan untuk para wisatawan. Dari sekian banyak makanan, pilihan akhirnya jatuh ke sagu bakar. Sagu bakar berbentuk persegi dengan warna putih gading dan sedikit hitam di bagian tengah karena bekas pembakaran.

Ada yang unik dari sagu bakar yakni bagian tengah sagu yang ternyata berisi gula merah. Isian gula merah begitu royal, hingga memenuhi seluruh bagian sagu. Sekilas, sagu bakar ini tampak seperti roti bakar isi cokelat.

Saat disantap, rasa sagu bakar ternyata sangat nikmat! Memberi sensasi berbeda dari camilan pada umumnya. Rasa manis dari gula merah yang terkarmelisasi jadi membuat ingin terus melahap sagu bakar.

Ada pula rasa gurih yang timbul dari kelapa. Sedangkan untuk tekstur, sagu bakar sedikit alot dan renyah di bagian luar. Untuk membuat sagu bakar, diperlukan ketelatenan dalam mencampur sagu dan kelapa. Kemudian membuat isian dimasukan ke alat cetak khusus baru kemudian dibakar.

Orang Papua umumnya menyantap sagu bakar sebagai camilan teman minum kopi atau teh. Sagu bakar makin nikmat ketika disantap selagi hangat. Harga sagu bakar Rp 20.000 per potongnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com