Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Dapat Tiket Pesawat Murah untuk Liburan Akhir Tahun

Kompas.com - 25/10/2016, 06:10 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Meski akhir tahun masih dalam hitungan bulan, tak ada salahnya menyiapkan itinerary perjalanan dan booking tiket pesawat dari sekarang.

Namun, jelang akhir tahun, biasanya harga tiket pesawat mulai relatif mahal. Bagaimana cara mendapatkan tiket pesawat yang relatif murah untuk liburan akhir tahun?

Chief Communication Officer & Co-Founder Tiket.com Gaery Undarsa berbagi beberapa tips untuk mendapatkan tiket pesawat murah.

Beli tiket pesawat pergi-pulang

Jika Anda ingin pergi liburan ke luar negeri, Gaery mengatakan lebih baik langsung memesan tiket pesawat pergi dan pulang. Maskapai penerbangan biasanya akan memberikan harga yang lebih murah dibandingkan membeli tiket pesawat sekali jalan.

Beli pada waktu shoulder season

Selain istilah high season dan low season, ada satu istilah lagi untuk menentukan musim liburan. Istilah itu adalah shoulder season.

Menurut Gaery, shoulder season adalah musim yang berada di antara high season dan low season. Biasanya shoulder season berkisar sebelum tanggal 20 Desember dan relatif lebih murah.

"Sebelum 20 Desember itu bisa lebih murah tiket pesawatnya, tapi setiap maskapai biasanya beda," kata Gaery.

Thinkstock Alih-alih membawa pasangan bermalam minggu di bioskop atau rumah mertua, sekali waktu rencanakanlah liburan romantis berdua.
Perhatikan online travel agent (OTA)

Setiap OTA-nya biasanya memiliki tawaran promo tiket-tiket pesawat yang berbeda. Jelang akhir tahun, sebaiknya Anda mulai memperhatikan OTA yang menawarkan tiket-tiket pesawat.

Pilih penerbangan setelah pukul 14.00.

Gaery mengatakan, jam keberangkatan juga turut memengaruhi harga tiket pesawat. Penerbangan setelah pukul dua atau tiga siang biasanya cenderung lebih murah.

Menurut dia, tiket penerbangan biasa dijual mahal seperti pada pagi hari seperti pukul 09.00. Ia berpendapat, hal itu karena orang-orang ingin pergi pada waktu tersebut.

Pilih waktu kerja

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com