Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Banyuwangi, Konjen AS Makan di Rumah Apung

Kompas.com - 26/10/2016, 16:17 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Heather C. Variava, Konsul Jenderal (Konjen) Amerika Serikat di Surabaya berkunjung selama dua hari di Kabupaten Banyuwangi sejak Senin (24/10/2016) hingga Selasa (25/10/2016).

Dia bersama rombongan menyempatkan diri mengunjungi rumah apung di wisata Bangsring Underwater dan Pantai Boom Banyuwangi.

Di tempat wisata Bangsring Underwater yang dikelola oleh kelompok nelayan Samudra Bhakti tersebut, Heather menyempatkan diri menikmati sajian makanan laut di atas rumah apung yang berada di perairan laut Bangsring.

(BACA: Rujak Kelang Khas Muncar Banyuwangi, Rasanya Campur-campur)

Bangsring Underwater merupakan kawasan konservasi laut seluas 5 hektar yang dikembangkan oleh para nelayan menjadi tempat wisata edukasi.

Di kawasan ini, para nelayan dilarang untuk melakukan aktivitas penangkapan ikan baik menjaring maupun memancing. Nelayan juga memperbaiki terumbu karang yang rusak dengan cara transplantasi.

(BACA: Kabar Gembira, Penerbangan Langsung Jakarta-Banyuwangi Segera Dibuka)

Kepada KompasTravel, Heather mengaku kunjungannya tersebut adalah kunjungan pertama di Banyuwangi dan sengaja mengunjungi Bangsring Underwater untuk mengetahul secara langsung kegiatan nelayan yang ada di Bangsring.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Heather C. Variava, Konjen Amerika Serikat di Surabaya (kemeja abu-abu) saat berbincang dengan nelayan Bangsring di Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (25/10/2016).
“Saya melihat aktivitas perlindungan alam yang luar biasa yang dilakukan oleh para nelayan di sini. Sangat mengesankan, tidak hanya melindungi laut tapi juga mampu mempengaruhi budaya nelayan menjadi lebih baik,” ujar Heather.

Bangsring Underwater menjadi salah satu kandidat penerima program International Visitors & Leadership Program (IVLP) yang digagas oleh pemerintah AS. IVLP adalah program reguler yang diadakan oleh Biro Kebudayaan dan Pendidikan, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat.

Program pertukaran unggulan ini dibuat untuk membangun saling pengertian antara Amerika Serikat dan negara-negara lain, lewat kunjungan ke Amerika Serikat yang diwakili oleh orang-orang pilihan dari banyak negara.

Selain menikmati makan siang di atas rumah apung, Heater juga menyempatkan diri memberi makan ikan liar yang ada di sekitar rumah apung.

"Nanti pada kesempatan selanjutnya saya akan kembali ke sini untuk snorkeling. Ikannya bisa kelihatan langsung dari sini," ungkapnya sambil tersenyum seraya melempar roti ke arah ikan liar di sekitar rumah apung.

Selain itu, dia bersama beberapa nelayan juga melakukan transplantasi terumbu karang di perairan Bangsring.

Heather menjelaskan selama ini Pemerintah Amerika telah menjalin hubungan baik dengan Pemkab Banyuwangi khususnya di bidang pendidikan melalui pengiriman relawan peace corps yaitu program unggulan Pemerintah Amerika Serikat untuk menjembatani budaya dan membangun pemahaman yang lebih besar di tingkat masyarakat.

Relawan Peace Corp tinggal dan bekerja di dalam komunitas selama dua tahun. Di Banyuwangi pada tahun 2015 para relawan ini jumlahnya 15 orang. Mereka menjadi guru bahasa Inggris di berbagai sekolah.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Konjen Amerika Serikat di Surabaya, Heather C Variava saat transplantasi terumbu karang di Pantai Bangsring, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (25/10/2016).
Selain mengunjung rumah apung Bangsring Underwater, Heather juga menikmati keindahan Pantai Solong Banyuwangi dan melepas tukik di Pantai Boom.

Heather berharap pada kunjungannya yang pertama tersebut bisa membangun hubungan yang lebih kuat antara Amerika Serikat dan Indonesia khususnya di Banyuwangi.

"Tidak menutup kemungkinan nanti bisa ada kerja sama-kerja sama lainnya dengan Banyuwangi khususnya di bidang pendidikan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com