Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kopi Dingin ala "Cold-Brew", Gampang Kok Dibuat di Rumah!

Kompas.com - 31/10/2016, 07:17 WIB
Adhis Anggiany Putri S

Penulis


KOMPAS.com
– Sekali waktu, saat kebetulan sedang minum es kopi hitam di kedai atau kafe, perhatikan isi gelas Anda. Adakah bongkahan es di dalamnya?

Sama-sama dingin, es kopi hitam tak selalu disajikan dengan bongkahan es di dalamnya. Ada varian minuman ini yang sejak awal memang diseduh dengan air dingin.

Tentu saja, teknik pembuatannya beda dengan cara membuat es kopi pada umumnya. Pada cara biasa, bubuk kopi diseduh dengan air panas, lalu diaduk rata untuk kemudian minuman disaring agar bersih dari ampas, dan dimasukkan dalam gelas berisi potongan es.

Pada cold-brew, air yang dipakai minimal bersuhu ruangan atau sekitar 25 derajat celsius. Teknik seduhnya ada beragam, salah satunya cold-drip. Pakai cara ini, kopi diseduh dengan air setetes demi setetes.

Secara sederhana, bentuk dan cara kerja alat ini mirip jam pasir tiga tingkat. Hanya saja, di bagian tengah alat terdapat semacam keran pengatur kecepatan laju tetes air.

Adhis Anggiany/Kompas.com Keran pada alat cold-drip bisa diputar untuk menyesuaikan laju air.

Bagian paling atas alat itu merupakan tempat air. Adapun bubuk kopi berada di bawah posisi keran pengatur laju air, dengan selapis filter atau saringan khusus di atasnya. Filter ini berfungsi untuk menyerap air secara perlahan.

Di bagian paling bawah, gelas siap menampung tetesan kopi yang sudah melewati proses di atas. Butuh waktu lebih kurang 12 jam sampai semua air di tabung paling atas menetes habis.

"(Porsi sekali saji) kira-kira bubuk kopinya 200 gram, airnya 600 mililiter," kata Danu, salah satu barista yang memakai teknik ini di Kapal Api Café dalam acara Pekan Raya Indonesia (PRI), Minggu (23/10/2016).

Menurut Danu, kecepatan ideal tetesan air dalam metode cold-drip ini adalah satu tetes per detik. Hasil dari teknik seduh ini lalu dimasukkan ke dalam botol tertutup dan disimpan di lemari pendingin.

Kopi yang diseduh memakai teknik cold-brew akan terasa lebih nikmat dikonsumsi jika terlebih dahulu disimpan dalam suhu dingin yang stabil selama minimal satu malam.

"Rasa kopi yang dihasilkan dari teknik ini lebih lembut dan bersih (clean taste)," ucap Danu.

Dok. Kapal Api Alat membuat kopi dengan teknik "cold-drip".

Jika tertarik mencoba tapi tak sempat datang ke kafe yang menyediakan menu cold-brew, Anda sebenarnya bisa membuat sendiri sajian ini di rumah. Tentu dalam versi sederhana dan tak perlu peralatan rumit seperti dalam teknik cold-drip.

Anda cukup menyiapkan bubuk kopi, botol atau toples berbahan kaca yang bisa ditutup rapat, dan air dingin. Pertama, seduh kopi dengan air dingin itu, lalu aduk rata. Kedua, tutup botol dan simpan dalam kulkas selama lebih kurang 12 jam.

Terakhir, saring kopi yang sudah dingin itu agar tak berampas. Untuk keperluan ini, alat coffee press dapat pula digunakan jika Anda memilikinya di rumah. Nah, kopi cold-brew pun siap diminum.

Atau, jika tak sabar ingin segera mencicipi kopi seduh dingin, Anda dapat mengunjungi Kapal Api Café di PRI yang masih berlangsung sampai Minggu, 6 November 2016, di Hall 3 International Convention Exhibition (ICE) BSD City, Serpong, Tangerang Selatan.

Penasaran?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com