Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir November ke Lombok, Ada Parade Budaya Festival Mentaram

Kompas.com - 31/10/2016, 14:18 WIB

MATARAM, KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menargetkan sekitar 10.000 wisatawan akan datang ke kota itu untuk menyaksikan kegiatan parade budaya "Festival Mentaram" pada 24-26 November 2016.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram H Abdul Latif Nadjib di Mataram, Jumat (28/10/2016), mengatakan target 10.000 itu diprediksikan karena pihaknya mengundang semua kabupaten/kota di Indonesia ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut.

"Selain itu, pelaksanaan 'Festival Mentaram' hampir bersamaan dengan kegiatan Nasional Teknologi Tepat Guna (TTG) yang berlangsung 22-26 November di Kota Mataram," sebutnya.

Menurutnya, pelaksanaan "Festival Mentaram" saat ini dalam tahap masa sanggahan karena kegiatan dilaksanakan melalui event organizer (EO) sehingga menggunakan sistem lelang.

"Kalau tahun sebelumnya anggaran kegiatan berada terpisah pada beberapa bidang, tahun ini anggaran dijadikan satu senilai Rp 700 juta sehingga harus melalui proses tender," katanya.

Ia menambahkan rangkaian kegiatan Festival Mentaram dilaksanakan empat kegiatan, yakni festival kuliner, permainan rakyat, pagelaran seni dan budaya serta parade seni dan budaya.

Dalam kegiatan parade seni dan budaya ini dilaksankan seperti tahun-tahun sebelumnya dengan menonjolkan seni tradisi, dan budaya kabupaten/kota yang ikut serta, termasuk beberapa kabupaten/kota dari luar daerah bahkan dari luar negeri.

"Kami tetap berkoordinasi dengan bupati/wali kota agar turut serta memerihakan Festival Mentaram, begitu juga dengan Kementerian Luar Negeri," katanya.

Pasalnya, kegiatan Festival Mentaram ini bertujuan sebagai ajang promosi pariwisata Kota Mataram agar tahun depan para tamu yang datang lebih banyak lagi.

Dikatakan, dengan kegiatan ini Kota Mataram tidak perlu ke luar daerah atau luar negeri mempromosikan pariwisata, sebaliknya mereka akan datang dan berwisata di daerah ini.

Kegiatan Festival Mentaram tahun ini terkesan terlambat, karena pada awalnya akan dilaksanakan bulan Agustus, namun karena adanya kegiatann MTQ Nasional ke-26, diundur menjadi bulan November 2016.

Meski demikian, tahun depan kegiatan Festival Mentaram akan dimajukan yakni sekitar bulan Februari atau April bersamaan dengan kegiatan "Mataram Great Sale" sekaligus untuk menarik wisatawan datang ke Kota Mataram saat tingkat kunjungan wisatawan rendah. (Antara/Nirkomala)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com