Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tempat Belanja Oleh-oleh Khas Raja Ampat

Kompas.com - 31/10/2016, 18:10 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

SORONG, KOMPAS.com - Pulang dari Raja Ampat, Papua Barat rasanya kurang pas jika tak bawa buah tangan. Sebab selain berjarak cukup jauh, Raja Ampat tentunya memberi kenangan dari keindahan alam dan keramahan warga setempat.

Apabila ingin membeli oleh-oleh khas Raja Ampat, wisatawan dapat berkunjung ke salah satu gerai yang khusus menjual suvenir. Nama gerai tersebut adalah Icon Raja Ampat yang terletak di Jalan RA Kartini nomor 33, Sorong, Papua Barat.

"Sebenarnya ada tiga gerai. Satu di Sorong, dua lagi di Waisai tepatnya dekat pelabuhan dan Jalan Barakuda di perumahan 100. Tapi saya lebih rekomendasi di sini (Sorong), karena lebih besar dan banyak pilihan model juga ukuran," kata pemilik toko, Stanley yang ditemui di tokonya, Minggu (23/10/2016).

Stanley mengaku gerainya di Sorong lebih ramai pengunjung, sebab wisatawan lebih banyak berbelanja saat transit di kota tersebut. Sementara di Raja Ampat, wisatawan sibuk berwisata di alam.

Gerai Icon Raja Ampat menjual aneka souvenir khas Raja Ampat seperti kaus, topi, tas, gantungan kunci, tempelan kulkas, dan lain-lain.

Kompas.com/Silvita Agmasari Icon Raja Ampat menjual oleh oleh khas Raja Ampat.

"Selama ini toko oleh-oleh Papua biasanya menjual koteka, noken, atau patung. Itu sebenarnya khas Papua gunung. Sedangkan Raja Ampat itu pantai, jadi saya lebih banyak menjual suvenir seperti kaus," kata Stanley.

Dari pantauan KompasTravel, kaus dengan sablon bergambar dan bertuliskan tema Raja Ampat yang paling diincar oleh pengunjung.

"Kaus di sini buatan Bandung semuanya," tambah Stanley.

Bandung yang dikenal sebagai kota distro memang terkenal sebagai penghasil kaus dengan kualitas bahan dan sablon yang baik. Kisaran harga yang dipatok oleh Stanley untuk kaus Raja Ampat berkisar Rp 110.000 - Rp 130.000 tergantung model dan ukuran. Ada juga gantungan kunci atau tempelan kulkas yang dihargai Rp 10.000-Rp 20.000.

Icon Raja Ampat, Sorong buka mulai pukul 08.00-21.00 WIT. Jika berkunjung di siang hari, pengunjung dapat berpose di mural bertuliskan Raja Ampat di halaman gerai Icon Raja Ampat. Di seberang gerai Icon Raja Ampat juga terdapat toko suvenir yang menjual aksesoris khas Papua seperti koteka dan noken.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com