Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Lagi Tempat Belanja Oleh-oleh Khas Yogyakarta

Kompas.com - 01/11/2016, 15:04 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Jendela Jogja, begitu nama tempat ini. Lokasinya tak jauh dari Bandara Internasional Adisucipto, yakni di Jl Gedong Kuning No 161 A, Kotagede.

Jendela Jogja bisa jadi opsi tempat belanja oleh-oleh selain Malioboro, Pasar Beringharjo, juga beberapa toko buah tangan lainnya.

Jendela Jogja diresmikan pada 2015 oleh GKR Condrokirono, salah satu putri Sultan Hamengku Bowono X. Di Jendela Jogja, wisatawan bisa berburu oleh-oleh yang berasal dari UKM seluruh penjuru Yogyakarta.

Jendela Jogja merangkul setidaknya 400 UKM dari berbagai daerah. Mulai dari kerajinan tangan, penganan, hingga tentunya batik.

KOMPAS.COM/ARI PRASETYO Jendela Jogja merangkul setidaknya 400 UKM dari berbagai daerah. Mulai dari kerajinan tangan, panganan, hingga tentunya batik.
Konsep dasar Jendela Jogja adalah "melihat Jogja di sini". Hal itu terbukti dari menjulangnya miniatur Tugu Jogja di dekat pintu masuk. Ada pula replika kereta kencana yang dipajang di lokasi yang sama.

Masuk lebih dalam, Anda bisa menemukan becak dan sepeda ontel yang cocok untuk berfoto ria. Semua ikon Yogyakarta itu menjadi "pemanis" di antara pernak-pernik dan makanan khas yang dijual. 

KOMPAS.COM/ARI PRASETYO Di sini Anda bisa menemukan oleh-oleh seperti batik, kaus, aneka mainan tradisional, hingga pajangan rumah. Jendela Jogja juga menjual bakpia, Cokelat Monggo, yangko, dan aneka makanan khas lainnya.

Di sini Anda bisa menemukan oleh-oleh seperti batik, kaus, aneka mainan tradisional, hingga pajangan rumah. Jendela Jogja juga menjual bakpia, cokelat monggo, yangko, dan aneka makanan khas lainnya.

Di bagian atas Jendela Jogja terdapat kafe untuk bersantai. Anda bisa memesan teh atau kopi dan beberapa camilan untuk menemani santai sore. Jendela Jogja buka mulai pukul 09.00 WIB, dan berjarak tempuh hanya 15 menit dari Bandara Internasional Adisutjipto.

*******

Setelah kesuksesan "Take Me Anywhere" pertama yaitu edisi Bali, Kompas.com kali ini bersama OPPO menggelar "Take Me Anywhere 2". Sebanyak 10 orang pemenang kompetisi "Take Me Anywhere 2" berlibur ke Yogyakarta bersama KompasTravel selama tiga hari mulai Jumat (14/10/2016) hingga Minggu (16/10/2016).

Reservasi tiket penerbangan dilakukan melalui situs perjalanan Tiket.com.

Para pemenang menjalani beragam aktivitas wisata penuh petualangan sampai mencicipi kuliner khas Yogyakarta. Semuanya dipandu oleh biro perjalanan Jogja Geowisata.

Selain itu para pemenang juga merasakan kenyamanan menginap di Hotel Santika Premiere Jogja, salah satu properti dari jaringan hotel Santika Indonesia Hotels & Resorts.

Ikuti petualangan seru para pemenang beserta travel blogger dan instagrammer, Anggey Anggraeni (@her_journeys) di Yogyakarta. Kisah mereka tayang dalam liputan khusus: "Liburan Seru ala 'Take Me Anywhere 2'".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com