Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelar FPDP, Poso Harus Mampu Bangkitkan Potensi Wisata

Kompas.com - 03/11/2016, 09:32 WIB
Mansur

Penulis

POSO, KOMPAS.com - Ribuan warga di Poso, Provinsi Sulawesi Tengah yang datang dari berbagai wilayah berbondong-bondong memadati lokasi pembukaan Festival Pesona Danau Poso (FPDP) XIX tahun 2016.

Pelaksanaan FPDP yang dipusatkan di kota Tentena, Kecamatan Pamona Puselemba tersebut sengaja digelar secara meriah oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah bekerja sama dengan Pemkab Poso.

FPDP sekaligus sebagai ajang kampanye untuk memastikan Poso betul-betul sudah dalam kondisi aman sehingga layak untuk dikunjungi wisatawan

Kemeriahan acara pembukaan FPDP tersebut yang akan berlangsung selama empat hari dari Rabu (2/11/2016) hingga Sabtu (5/11/2016) ditandai dengan hadirnya sejumlah artis Ibu Kota seperti Once, Iis Dahlia, Evi Masamba, dan Mitha Talahatu.

Selain kehadiran para artis tersebut, suasana pembukaan FPDP juga diramaikan oleh penampilan ribuan peserta parade khas adat dari seluruh kabupaten dan kota se Sulawesi Tengah.

KOMPAS.com/MANSUR Foto suasana Tarian Adat pada Pembukaan Festival Pesona Danau Poso (FPDP) XIX di Tentena, Sulawesi Tengah, Rabu (3/11/2016).
Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu dalam sambutan pembukaan FPDP XIX mengaku sangat mengapresiasi seluruh pihak terkait yang telah ikut mendukung hingga terlaksananya kegiatan tersebut dengan tertib dan aman.

Menurut Darmin, kegiatan FPDP yang dikemas dengan konsep baru sengaja dilakukan sebagai upaya kreasi bersama dalam mendukung program wisata nasional yaitu Pesona Indonesia.

Dalam kegiatan FPDP, lanjut Darmin, akan diisi dengan kegiatan-kegiatan lomba tarian, lomba lari, pemilihan busana adat, pemilihan putra-putri wisata dan sekaligus perkenalan sejumlah lokasi wisata yang ada.

Kegiatan FPDP yang secara rutin digelar setiap tahunnya tersebut akan dijadikan momentum untuk mengangkat kembali citra Kabupaten Poso di mata dunia yang sempat terpuruk akibat konflik, sekaligus ajang promosi potensi wisata yang cukup banyak.

KOMPAS.com/MANSUR Foto suasana Tarian Adat pada Pembukaan Festival Pesona Danau Poso (FPDP) XIX di Tentena, Sulawesi Tengah, Rabu (3/11/2016).
"Saya berharap melalui FPDP kali ini akan menjadi momentum yang sangat baik untuk menjadikan kembali Poso dikenal dunia internasional, temasuk mempromosikan potensi wisata yang ada," harap Bupati.

Selain Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola dan Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu turut serta hadir dalam acara pembukaan FPDP tersebut adalah Panglima Kodam VII Wirabuana Makassar Mayjen Agus Surya Bakti dan Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen Ruddi Sufahriadi.

Untuk memastikan pelaksanaan FPDP berlangsung aman dan tertib, ratusan personel gabungan TNI-Polri ikut disiagakan di beberapa titik mulai dari pintu masuk lokasi hingga di dalam areal pelaksanaan FPDP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com