Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harumnya Kopi Kaongke-ongkea, Kopi Asli Pulau Buton

Kompas.com - 07/11/2016, 17:24 WIB
Defriatno Neke

Penulis

BAGI Anda pecinta kopi, sebaiknya untuk mencoba kopi kaongke-ongkea, kopi asli dari Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Kopi ini mempunyai cita rasa yang sangat berbeda dengan kopi lain pada umumnya.

Kopi ini merupakan kopi organik yang berasal dari Desa Kaongke-ongkea, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton.

Para petani kopi di sini tidak menggunakan zat kimia atau sejenisnya dalam melakukan perawatan tanaman kopi. “Kopi ini kopi organik, tidak menggunakan penyemprot hama yang ada efek sampingnya. Makanya kopi ini mempunyai rasa yang berbeda dengan kopi yang lain,” kata Ketua Kelompok Tani Sinar Mekar Kopi, La Saini, Senin (7/11/2016).

(BACA: 5 Kedai Kopi di Jakarta yang Menjual Kopi Asli Nusantara)

Pengolahan kopi kaongke-ongkea sangat sederhana dilakukan, kopi dari hasil perkebunan, langsung dijemur sampai seminggu lamanya. Setelah itu dimasukkan ke dalam penggilingan gabah untuk mengeluarkan kulit bijinya.

Setelah bijinya keluar lalu disangrai dan selanjutnya dimasukkan dalam penggilingan hingga menjadi bubuk kopi.

“Perbedaan kopi ini dengan kopi yang lain adalah aromanya. Ketika kopi dituangkan dengan air panas, bau harum sudah mulai tercium dari kejauhan. Selain itu rasanya lebih nikmat karena ini kopi orginal asli,” ujar La Saini.

Kopi kaongke-ongkea ini sudah mulai mendapat tempat di hati para penggemar kopi yang ada di Pulau Buton.

KOMPAS.com/DEFRIATNO NEKE Kopi kaongke-ongkea dari Buton, Sulawesi Tenggara yang sudah dalam bentuk kemasan dengan harga yang sangat terjangkau.
Ari Wijaya, pemilik warung kopi KPK di Kota Baubau, mengatakan kopi kaongke-ongkea ini mempunyai aroma yang sangat kental dibanding kopi lainnya.

“Saya sering menikmati aroma kopi dan meneguk kopi dari luar daerah seperti kopi toraja, kopi daerah makassar, kopi lampung dan kopi aceh. Tetapi setelah saya merasakan pertama kali rasa kopi dari kaongke-ongkea, terus terang saya merasa lain dan aroma wanginya ketika dihirup masuk terselubung ke dalam otak,” ucapnya.

Ari saat ini masih berupaya untuk terus memperkenalkan kopi asli Buton kepada para pecinta kopi lainya.

Menurutnya, kopi ini sangat pantas untuk dicoba. Nah bagi anda yang melakukan perjalanan ke Pulau Buton, tidak ada salahnya untuk mencoba kopi kaongke-ongkea dengan harga terjangkau.

Anda bisa langsung datang ke Desa Kaongke-ongkea dengan jarak hanya sekitar 25 kilometer dari kota Baubau menuju Kecamatan Pasarwajo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com