Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Lihat Penampakan Stasiun Luar Angkasa? Cek Dulu Lokasinya

Kompas.com - 10/11/2016, 07:20 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com - International Space Station (ISS) selalu mengorbit bumi, melewati hampir semua negara. Stasiun luar angkasa milik NASA ini juga menjadi benda langit paling terang ketiga yang bisa dilihat dengan mata telanjang.

Oleh karena itu, baru-baru ini NASA meluncurkan peta interaktif yang bisa menunjukkan lokasi ISS di saat itu juga. Peta interaktif tersebut bernama Spot the Station.

Mengutip Lonely Planet, Rabu (9/10/2016), Spot The Station akan memberi tahu lokasi ISS serta memberi informasi kapan stasiun luar angkasa tersebut akan melewati lokasi Anda. Jika Anda sedang berada di lokasi yang minim polusi cahaya, ISS pasti akan terlihat jelas. 

Stasiun luar angkasa ini akan terlihat jelas saat senja menuju malam. Jumlah penampakan ISS akan berbeda di setiap negara. Terkadang ISS tampak satu kali dalam sebulan. Tak jarang pula, ISS bisa terlihat beberapa kali dalam seminggu.

Caranya gampang. Bukalah situs resmi Spot the Station, kemudian ketik kota atau negara Anda. Saat KompasTravel menggeser kursor ke wilayah Indonesia, terdapat banyak spot untuk melihat ISS antara lain Jakarta, Sukabumi, Surabaya, dan Denpasar.

NASA.GOV Bukalah situs resmi Spot the Station, kemudian ketik kota atau negara Anda. Saat KompasTravel menggeser kursor ke wilayah Indonesia, terdapat banyak spot untuk melihat ISS antara lain Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Denpasar
Setelah mengklik pin biru di salah satu kota, akan muncul opsi 'view the opportunities'. Saat KompasTravel mengklik Denpasar, muncul beberapa tanggal serta kemungkinan lamanya ISS akan terlihat di langit.

Di ibu kota Provinsi Bali tersebut, ISS akan terlihat mulai 18 November-22 November 2016 mulai pukul 18.57-19.57 Wita.

ISS bisa dilihat dalam radius 80 Km dari masing-masing lokasi. Dari semua lokasi di dunia, 10 tempat paling populer untuk melihat ISS adalah London (Inggris), Manchester (Inggris), Brisbane (Australia), Sydney (Australia), Birmingham (Inggris), Leeds (Inggris), Sheffield (Inggris), Melbourne (Australia), Cardiff (Inggris), dan Exeter (Inggris).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com