Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Biaya Wisata ke Raja Ampat ala "Backpacker"? Ini Perhitungannya

Kompas.com - 13/11/2016, 10:15 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang ingin berwisata ke Raja Ampat di Papua Barat, namun merasa terhalang oleh bujet yang cukup besar. KompasTravel mencoba menghitung pengeluaran untuk berwisata ala backpacker ke 'surga di timur Indonesia' ini.

KompasTravel baru-baru ini mengikuti Festival Lovely Raja Ampat yang digelar pada 18-21 Oktober 2016. Dihimpun KompasTravel, berikut perhitungan bujet untuk wisata ke Raja Ampat ala backpacker.

1. Transportasi ke Raja Ampat

Skenarionya adalah berangkat dari Jakarta menuju Sorong, Papua Barat. Ada beberapa maskapai yang melayani rute ini antara lain Garuda Indonesia, Nam Air, Sriwijaya Air, Batik Air, dan Xpress Air.

Harga penerbangan ke Sorong fluktuatif, dengan kisaran Rp 1,5 juta - Rp 3 juta sekali jalan. Dari hitungan terendah, maka ongkos pesawat pergi-pulang membutuhkan bujet Rp 3 juta.

Sampai di Sorong, wisatawan harus menyeberang ke Raja Ampat. Pilihannya menggunakan kapal laut atau pesawat Susi Air. Untuk menekan biaya, kapal laut adalah pilihan tepat. Kapal cepat dengan waktu berlayar dua jam dari Sorong menuju Waisai (ibu kota Kabupaten Raja Ampat) dihargai Rp 130.000.

2. Tarif wajib masuk Raja Ampat

Untuk berwisata di Raja Ampat, wisatawan dikenakan Tarif Layanan Pemeliharaan Lingkungan (TLPL) yang dipatok Rp 500.000 per orang untuk wisatawan nusantara dan Rp 1 juta per orang untuk wisatawan mancanegara. Tarif ini dapat dibayarkan di pelabuhan atau kantor Kabupaten Raja Ampat.

Kriss Iba Homestay di Batanta, Raja Ampat.

3. Akomodasi

Di Raja Ampat ada banyak pilihan jenis akomodasi seperti hotel, resor, dan homestay. Untuk backpacker, homestay jadi pilihan yang tepat karena harga per malamnya paling rendah.

Kisaran harga homestay di Raja Ampat dimulai dari Rp 250.000. per malam. Saran KompasTravel, pilihlah homestay yang dekat dengan tempat wisata atau situs selam yang ingin dikunjungi. Ini akan berpengaruh pada biaya transportasi.

Untuk mencari homestay di Raja Ampat, Anda dapat membuka situs resmi Asosiasi Usaha Homestay Kabupaten Raja Ampat di http://www.stayrajaampat.id/

4. Transportasi di Raja Ampat

Bisa jadi, inilah pengeluaran terbesar Anda selama di Raja Ampat. Perlu diketahui, Raja Ampat adalah daerah kepulauan, dengan total 1.864 pulau. Jika ingin berwisata alam di Raja Ampat, Anda membutuhkan kapal motor island hopping.

Mahalnya harga BBM di Raja Ampa sangat berpengaruh terhadap harga sewa kapal motor. Contohnya untuk menuju Wayag dari Waisai, diperlukan bujet Rp 13 juta PP. Menuju Pianemo dari Waisai diperlukan bujet Rp 8 juta PP. Ke Teluk Mayablibit dari Waisai dibutuhkan bujet Rp 6 juta rupiah PP. Satu perahu motor biasanya dapat diisi 10-12 orang. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com