Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belanja Murah di Seoul, Coba Mampir ke Pasar Namdaemun

Kompas.com - 15/11/2016, 07:05 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com - Mau cari sayur, ikan segar, pakaian, sampai oleh-oleh seperti gantungan kunci, tempelan kulkas, kipas semua ada di Pasar Namdaemun. Pasar ini merupakan pasar tradisional terbesar dan terlengkap di Seoul, ibu kota Korea Selatan.

"Namdaemun ini adalah pasar tradisional tertua di Seoul. Sudah ada sejak zaman kerajaan Joseon, kira-kira 500 tahun lalu. Di sini terkenal dengan barang-barangnya yang murah dan dijual wholesale (borongan)," kata pemandu lokal, Park Sung Yi  saat acara famtrip 2016 Halal Restaurant Week Fam Tour oleh Korea Tourism Organization, Senin (14/11/2016).

Bentuk Pasar Namdaemun seperti blok dengan pembagian gang yang berdasarkan kategori barang. Misalkan blok pakaian dewasa, blok pakaian anak-anak, blok makanan kering, blok restoran, blok toko kelontong, dan masih banyak lainnya.

Kompas.com/Silvita Agmasari Pasar Namdaemun, Seoul, Korea Selatan
Berbelanja di Pasar Namdaemun ini adalah pengalaman yang luar biasa. Sebab di pasar ini, ada beragam jenis barang yang dijual. Selain itu juga ada aneka jajanan kaki lima khas Korea Selatan yang menggoda selera.

Soal harga, Pasar Namdaemun ini sangat bersahabat. Tak sampai satu jam, saya sudah berhasil memboyong koper ukuran XL yang dihargai 60.000 won atau setara Rp 720.000 dan jaket musim dingin yang dihargai 10.000 won atau setara Rp 120.000, ada lagi rumput laut kering, juga akseksoris handphone yang saya beli di pasar ini.

Bukan hanya saya yang sudah kalap berbelanja. Teman perjalanan saya yang rata-rata perempuan juga sudah tak kuasa menahan napsu belanja di Pasar Namdaemun. Sedangkan para pria, justru kalap jajan jajanan kaki lima khas Korea Selatan.

Kompas.com/Silvita Agmasari Pasar Namdaemun, Seoul, Korea Selatan
"Di sini bisa ditawar, tapi sangat sulit turun harga," kata Sung Yi kepada saya. Memang benar, banyak penjual di Pasar Namdaemun yang telah melabeli barangnya dengan harga pas sehingga tak dapat ditawar. Ada pula penjual yang dapat ditawar meski tak dapat turun harga dengan drastis.

Satu hal yang membuat pengalaman berbelanja di Pasar Namdaemun begitu menyenangkan adalah para penjual yang ramah dan melayani pembeli dengan sepenuh hati. Tak jarang ada penjual yang dapat berbicara Bahasa Melayu. Hal ini terjadi karena banyak wisatawan dari Indonesia dan Malaysia.

Pasar Namdaemun berlokasi di Namdaemunsijang, daerah pusat kota Seoul. Buka dari pukul 09.00-17.00 setelah gerai tutup, giliran makanan jalanan khas Seoul yang buka di Pasar Namdaemun sampai malam hari.

Uniknya, Pasar Namdaemun tutup setiap hari Minggu. Jadi pastikan jika Anda ingin merasakan belanja murah dengan pengalaman pasar tradisional khas Korea Selatan yang autentik datanglah di hari Senin sampai Sabtu ke Pasar Namdaemun.

Kompas.com/Silvita Agmasari Pasar Namdaemun, Seoul, Korea Selatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com