Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Muslim Indonesia, Mari Berkunjung ke Okayama

Kompas.com - 19/11/2016, 20:10 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda berencana liburan ke Jepang, prefektur Okayama mungkin bisa dimasukan dalam agenda wisata Anda. Okayama yang berlokasi di selatan Jepang ini tengah menawarkan wisata ramah Muslim untuk wisatawan Indonesia.

"Kami tengah promosikan wisata yang ramah Muslim, baik tempat maupun makanannya. Ada guide Muslim yang bisa antar wisatawan saat di Okayama," kata Walikota Okayama Masao Omori dalam acara Okayama Tourism Promotion Seminar 2016 di Jakarta, Kamis (17/11/2016).

Di Okayama, tambahnya, juga terdapat masjid yang bisa menjadi tempat ibadah wisatawan Muslim. Selain itu, komunitas Muslim di Okayama juga begitu erat.

"Warga lokal juga ada yang Muslim," kata Masao.

BACA JUGA: Butuh Sehari Mendapatkan Bebas Visa ke Jepang

Hal tersebut juga ditegaskan oleh Naoko Tahara, konsultan asal Jepang untuk pariwisata halal di Jepang. Perempuan asli Jepang yang sudah dua tahun memeluk agama Islam itu menuturkan bahwa sekitar 700 orang Muslim tinggal di Okayama.

"Sebagian besar memang pendatang, bukan orang Jepang tetapi sudah tinggal lama di Jepang. Juga mahasiswa dari luar. Mereka dari Malaysia, Pakistan, atau Timur Tengah. Tetapi yang lainnya asli orang Jepang seperti saya," tuturnya.

Ia menuturkan masjid sederhana yang ada di Okayama tersebut lokasinya berdekatan dengan universitas. Biasanya, lanjut Naoko, masjid di Jepang lokasinya dekat dengan kampus.

"Di Jepang sendiri ada sekitar 200.000 orang Muslim, sebagian besar tinggal di Tokyo. Sekitar 30.000 dari jumlah itu adalah asli orang Jepang yang memeluk agama Islam," kata Naoko.

Untuk Prefektur Okayama sendiri, Naoko menuturkan ada dua restoran yang masuk kategori Muslim friendly restaurant atau restoran yang ramah untuk umat Muslim. Pertama adalah restoran India yang memiliki sertikasi halal.

"Satu lagi restoran Jepang yang memiliki tiga menu halal. Namun tidak bisa dibilang restoran halal, karena menjual alkohol. Hanya saja, alat masak benar-benar dipisah untuk memasak menu yang halal," kata Naoko.

Selain itu, ada pula toko donat yang menyediakan donat halal dan toko roti Aalam yang merupakan toko roti halal pertama di Jepang. Untuk penginapan, ada hotel Okayama Royal Hotel yang menyediakan tempat salat di lingkungan hotel.

Saat ini, tiga kota di Prefektur Okayama tengah terus mengembangkan pariwisata yang ramah pada wisatawan Muslim. Ketiga kota itu adalah Kota Okayama, Kota Kibichuo, dan Kota Maniwa. Okayama bisa dijangkau dari Tokyo dengan pesawat dalam waktu tempuh satu jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com