Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Hemat Baterai Ponsel saat Berlibur ke Luar Kota

Kompas.com - 03/12/2016, 18:09 WIB

SALAH satu kegiatan yang umum dilakukan para pekerja di akhir pekan, khsusunya di akhir bulan adalah berlibur ke luar kota.

Dengan jarak tempuh yang jauh, semakin seringnya ponsel digunakan hingga sinyal yang tidak stabil, salah satu “korban” terbesarnya adalah baterai smartphone yang lekas habis.

Berikut berbagai tips untuk menghemat baterai smartphone saat berlibur ke luar kota.

1. Matikan Feature Sinyal 4G

Sinyal 4G memberikan koneksi yang lebih cepat tetapi konsumsi baterai yang lebih banyak. Apalagi bila Anda berlibur ke daerah pelosok, ponsel Anda akan berusaha mencari sinyal 4G yang mengakibatkan baterai terkuras. Maka pakailah sinyal dengan setting 3G, EDGE atau bahkan GPRS saja.

2. Jangan Lupa Bawa Power Bank

Siapkan charger portabel (Power Bank) untuk mengisi baterai di saat tidak ada sumber daya.

3. Turunkan Kecerahan Layar

Kecerahan layar yang tinggi sangat menguras baterai. Jadi lebih baik turunkan tingkat kecerahan lampu layar, walau akan sedikit sulit melihat layar namun baterai akan jauh lebih hemat.

4. Hindari Main Game

Bermain game artinya smartphone Anda bekerja dengan berat. Untuk mengusir bosan lebih baik Anda mendengarkan musik (pakai headset), karena memutar musik pada smartphone lebih enteng dan tidak menguras baterai gadget Anda.

5. Aktifkan Sleep Mode

Di beberapa seri smartphone, disediakan fitur Sleep Mode untuk akses internet. Jika fitur ini diaktifkan, maka bisa menonaktifkan akses internet secara otomatis ketika sudah tidak lagi digunakan dalam jangka waktu beberapa lama.

6. Aktifkan Fitur Penghemat Baterai

Beberapa smartphone dilengkapi dengan fitur penghemat baterai biasanya disebut dengan fitur Power Saver. Jika fitur ini diaktifkan, maka smartphone bisa secara otomatis akan mematikan beberapa fitur (GPS, WiFi, NFC, mobile data, dan lainnya) ketika kondisi baterai sudah mulai minim. Tujuannya agar dengan sisa kapasitas yang ada, baterai bisa bertahan lebih lama.

7.Matikan Gadget Ketika Tidak Dibutuhkan.

Bila perjalanan Anda panjang dan kira-kira Anda akan tertidur, lebih baik matikan gadget Anda. (Intisari Online/Chip.co.id)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com